Sukses

Hadiri KTT APEC, Wapres JK Ngobrol Bareng Mark Zuckerberg

JK baru menjalani rangkaian acara AELM pada Sabtu, 19 November 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla hari ini terbang ke Lima, Peru. Selama di Peru, JK akan menghadiri Asia-Pacific Economic Cooperation Economic Leaders’s Meeting (AELM) atau  Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC).

JK meninggalkan Indonesia pada pukul 10.00 WIB melalui Lanud Halim Perdanakusuma. JK dijadwalkan tiba di Peru keesokan harinya.

Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik Setwapres Rusmin Nuryadin mengatakan, sebelum menghadiri AELM, JK akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Sosialis Vietnam Truong Tan Sang dan Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill. JK baru menjalani rangkaian acara AELM pada Sabtu, 19 November 2016.

"Beberapa kegiatan akan dilakukan, di antaranya APEC Business Advisory Council (ABAC) Dialogue, Second Informal Dialogue with the Pacific Alliance, dan Informal Dialogue with Facebook CEO, Mark Zuckerberg, di Grand National Theater," kata Rusmin di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Kegiatan berlanjut dengan hadiri Jamuan Santap Malam dan Pertunjukan Seni Budaya oleh Presiden Republik Peru Pedro Pablo Kuczynski dalam rangka menyambut Kepala Negara/Pemerintahan, di Park of the Reserve.

Serangkaian kegiatan berikutnya juga akan dihadiri JK pada Minggu di Lima Convention Center. Misalnya, The 24th AELM yang tahun ini mengambil tema 'Quality Growth and Human Capital Development: Foundations for Sustainable Growth in The Asia-Pacific.' Lalu hadir di First APEC Leaders’ retreat: 'Challenges to Free Trade and Investment in The Current Global Context.'

Kemudian, ke acara Second APEC Leaders’ Retreat: 'Food Security, Climate Change Adaptation and Access to Water' dan 'Integrating The Asia-Pacific: Towards A Real and Functional Connectivity in The Region,' serta 'Adoption of The 24th APEC Leaders’ Declaration.'

"Sore harinya, mengakhiri seluruh rangkaian acara AELM, Wapres dijadwalkan menghadiri Upacara Penutupan," imbuh Rusmin.

Selama menghadiri AELM, JK didampingi sang istri Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Infrastruktur dan Investasi, Muhammad Abduh, dan Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi.

"Ada tiga isu utama yang menjadi kepentingan nasional dan perlu ditindaklanjuti, yaitu: kelanjutan pembahasan mengenai kerja sama regional untuk pembangunan di pedesaan dan pengetasan kemiskinan (rural development and poverty alleviation/ RDPA), penerapan Cetak Biru Konektivitas APEC (APEC Connectivity Blueprint 2015-2025) dan penguatan kerja sama bidang maritim," jelas Rusmin.

JK baru akan kembali ke Indonesia dari Peru pada Selasa, 22 November 2016. Rombongan akan tiba kembali di Lanud Halim Perdanakusuma pada Jumat, 25 November 2016 dini hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.