Sukses

Polda Tantang HMI Ajukan Praperadilan soal 5 Kadernya Tersangka

Penyidik telah mengumpulkan sejumlah foto dan video, serta memeriksa saksi sebelum menetapkan lima anggota HMI itu sebagai tersangka.

Liputan6.com, Jakarta - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berencana mengajukan praperadilan terkait penetapan tersangka lima kadernya, yang dianggap ikut andil dalam kerusuhan demonstrasi 4 November lalu. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono pun menantang niatan tersebut, jika memang mereka meragukan prosedur pengambilan keputusan itu.

"Jadi kalau mau dibilang polisi enggak punya bukti, itu ada mekanisme praperadilan kan kita. Kan ada praperadilan. Silakan saja," tutur Awi di Mapolda Metro Jaya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (11/11/2016).

Awi tegas membantah tudingan HMI yang menganggap polisi tidak profesional dalam kasus tersebut. Penyidik, menurutnya, telah mengumpulkan sejumlah foto dan video, serta memeriksa saksi sebelum menetapkan lima anggota HMI itu sebagai tersangka.

"Proses kepolisian profesional, apa tidak, silakan saja (praperadilan). Kalau Anda tanya saya, anggota kami sudah profesional melalui tahapan penyelidikan," jelas dia.

Dari bukti-bukti yang ada, lanjut Awi, peranan mereka termasuk sebagai upaya perlawanan terhadap petugas yang sedang menjalankan pengamanan demonstrasi.

"Tadi saya sampaikan pemeriksaan digital forensik oleh ahli itu sudah terlihat satu-satu. Alat buktinya tadi saksi-saksi, ahli-ahli, video, foto. Perannya sudah saya katakan semua (5 tersangka) melawan petugas saat melakukan pengamanan demo," Awi memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.