Sukses

Masuk Daftar Cekal, 3 Warga China Dideportasi

Dalam kasus korupsi alat berat tersebut, hasil audit investigatif BPK memperkirakan kerugian negara mencapai Rp 37,9 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus menolak masuk tiga warga negara China ke wilayah hukum Indonesia. Pihak Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM segera mendeportasi ketiga orang tersebut ke negara asalnya.

Tiga orang tersebut adalah Wenlong Xu (28),  Di Xun (25), dan Jiankang Lu (28). Ketiganya ditolak masuk saat melewati pintu masuk Bandara ‎Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

"‎Mereka tiba dengan pesawat Xianmen Airlines MF869 dari Xianmen, Rabu 2 November 2016, sekitar pukul 23.30 WIB," kata Dirjen Imigrasi Ronny Frangki Sompie kepada Liputan6.com, Kamis (3/11/2016).

‎Ketiganya dilarang masuk karena mereka masuk dalam daftar cegah-tangkal (cekal) pemerintah mereka.

‎"Sebuah kewenangan menolak yang diberikan oleh undang-undang kepada setiap pejabat Imigrasi untuk melindungi NKRI dari masuknya orang asing yang berbahaya bagi keamanan dan kedaulatan NKRI," Ronny menjelaskan.

Imigrasi segera memulangkan ketiga warga China tersebut ke negara asalnya Kamis pagi ini. "Segera dipulangkan ke negara asalnya pada kesempatan pertama menggunakan pesawat Xiamen airlines MF 868, Kamis 3 November 2016, pukul 08.00 WIB," kata Ronny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini