Sukses

Polri Layangkan Surat Pemeriksaan Ahok Hari Ini

Dalam pemeriksaan tersebut, Ahok dipersilakan untuk mendatangkan saksi ahli.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan pihaknya akan melayangkan surat pemanggilan kepada Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai pihak terlapor dalam kasus dugaan penistaan agama. Ahok rencananya akan diperiksa pada Senin, 7 November 2016.

"Besok polisi menyampaikan undangan kepada saudara Basuki Tjahaja Purnama untuk dilakukan pemeriksaan pada hari Senin, minggu depan," ujar Tito dalam program acara Mata Najwa, Rabu, 2 November 2016.

Dalam pemeriksaan tersebut, Ahok, kata Tito dipersilakan untuk mendatangkan saksi ahli, di antaranya saksi ahli bahasa dan ahli agama untuk menjelaskan perkara tersebut.

"Nanti dia memiliki hak untuk menampilkan saksi ahli dia. Setelah proses itu selesai, baru kita lakukan gelar perkara besar," ucap mantan Kapolda Papua itu.

Tito pun mengaku sejauh ini pihaknya telah memanggil sebanyak 21 orang yang menjadi saksi dalam kasus tersebut. Termasuk Salah satunya yaitu Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang menyusul akan diperiksa.

"Habib Rizieq dipanggil untuk kita mintai keterangannya sebagai saksi ahli yang didatangkan pihak terlapor," ucap dia.

Dia pun meminta agar publik bersabar dan menunggu pihak kepolisian menyelesaikan perkara tersebut. Tito memastikan pihaknya bekerja secepatnya menyelesaikan kasus tersebut.

"Penyidik bertindak berdasark laporan yang masuk. Saat ini kami sedang bekerja dan kami memang membutuhkan waktu untuk menyelesaikan ini," Tito menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.

    Demo 4 November

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Komjen Pol Tito Karnavian adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme
    Komjen Pol Tito Karnavian adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme

    Tito Karnavian