Sukses

Menko Wiranto Pertanyakan Tujuan Demo 4 November

Wiranto menegaskan agar para pendemo menaati seluruh aturan dalam menggelar aksi unjuk rasa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mempertanyakan tujuan digelarnya demo 4 November 2016. Sebab menurutnya, apa yang dituntut oleh organisasi masyarakat (ormas) dalam aksi demonstrasi tersebut telah dipenuhi oleh pemerintah dan pihak kepolisian. 

Menurut Wiranto, tuntutan agar polisi mengusut kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sudah dipenuhi dan saat ini proses hukumnya masih berlangsung.

"Saya tetap menyatakan bahwa urusan-urusan tanggal 4 itu kan sebenarnya sudah selesai kan. Ada tuntutan supaya saudara Ahok itu diperiksa, diproses, sudah. Dijawab oleh presiden, sudah. Saya jawab sudah, sedang berlangsung. Kapolri juga mengatakan sudah, dan sedang terus dilanjutkan. Jadi apa sekarang?" ujar dia di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Meski demikian, Wiranto menyatakan tidak akan melarang adanya demo tersebut karena hal ini merupakan hak warga negara. Namun dia menegaskan agar para pendemo menaati seluruh aturan dalam menggelar aksi unjuk rasa.

"Boleh, silakan, tapi nanti lapor ke polisi dulu, berapa jumlahnya, maksudnya apa, alat peraganya apa, tidak boleh mendatangi rumah-rumah kediaman, jam 18.00 harus bubar, ada aturannya. Sekarang harus lapor dulu. Nah sekarang rakyat melihat, yang lapor siapa, kekuatannya berapa," jelas dia.

Wiranto juga meminta agar aksi ini demontrasi ini tidak menimbulkan keresahan dan merugikan masyarakat. Pihak keamanan juga dipastikan akan mengawal ketat jalannya aksi tersebut.

"Tatkala masalah ini sudah terjawab, lalu tujuan demonstrasi apa? Apalagi sampai menimbulkan keresahan masyarakat, mengganggu kebebasan masyarakat, mengganggu orang kerja, orang cari makan, berarti yang rugi kan masyarakat. Kalau terjadi apa-apa yang rugi masyarakat juga. Kami aparat keamanan hanya berjaga-jaga jangan sampai kalau ada demo itu menjurus kepada satu aksi-aksi yang negatif," Wiranto menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.