Sukses

Maulwi Saelan Pengawal Terakhir Bung Karno Wafat

Maulwi yang juga merupakan legenda sepak bola Indonesia itu wafat dalam usia 90 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pengawal Presiden RI pertama Sukarno, Maulwi Saelan meninggal dunia. Maulwi wafat setelah menjalani perawatan intensif di RS Pusat Pertamina.

Kepastian wafatnya mantan kapten Timnas Indonesia itu di dapat dari sejarawan Bonnie Triyana. "Pak Maulwi Saelan, Mantan Pengawal Bung Karno dan Kapten Timnas Indonesia wafat pukul 18.30 WIB di RSPP," ucap Bonnie melalui akun media sosialnya, @BonnieTriyana, Senin (10/10/2016).

Putra keempat Malwi Saelan, Asha Saelan mengatakan, sang ayah terbaring sakit di ruang ICU RS Pertamina selama hampir dua pekan. "Bapak masuk ruang ICU dan kesehatannya terus menurun," ungkap Asha kepada Bola.com.

Sebelumnya ia sempat dirawat di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan, selama tiga pekan.

"Bapak masuk rumah masuk rumah sakit bertepatan pada hari raya Idul Adha. Awalnya beliau tidak langsung masuk ke ruang ICU, tapi di kamar biasa. Tapi belakangan tim dokter memindahkannya ke ICU untuk keperluan pengambilan cairan di paru-paru," kata dia.

Maulwi Saelan merupakan pengawal Bung Karno di masa peralihan dari Orde Lama ke Orde Baru. Pria kelahiran Makassar, 8 Agustus 1926 itu pernah menjabat sebagai Kepala Staf dan Wakil Komandan Tjakrabirawa (kini Paspampres).

Posisi ini, membuat Maulwi selalu berada di ring 1 Bung Karno di saat-saat kritis dalam masa peralihan kekuasaan yakni 1965-1966.

Almarhum juga pernah penjaga gawang timnas sepak bola Indonesia sekaligus kapten timnas di era 1954-1958. Selanjutnya, dia menjabat sebagai Ketua Umum PSSI pada periode 1964-1967.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.