Sukses

Ratusan Orang Bagi-Bagi Hijab Gratis di CFD Bundaran HI

Ratusan orang membagikan hijab gratis di kawasan car free day Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Ratusan orang membagikan hijab gratis di kawasan car free day Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta. Mereka memperingati Internasional Hijab Solidarity Day (IHSD).

"Di sini (Bundaran HI) ada lima titik, semua hijabnya gratis," ujar Koordinator Lapangan Aksi Peduli Jilbab, Cindhi Dwi Novita kepada Liputan6.com, Minggu (11/9/2016).

Cindhi mengatakan, ia ingin mengubah pandangan masyarakat terhadap hijab. Dengan membagikan secara gratis dan menanyakan kesedian warga yang mereka ajak, ratusan perempuan dengan dominasi hijab berwarna ungu tersebut ingin mengampanyekan berhijab.

"Kita ingin masyarakat mengerti, bahwa  berjilbab syari itu tak seekstrim yang mereka kira. Kita juga bisa fleksibel, dan hijab itu tak semengerikan yang mereka pikir. Ini juga bagian dalam mengedukasi masyarakat," lanjut Cindhi.

Aksi ini sudah dimulai sejak pukul 06.00 WIB tadi, mereka longmarch dari Monas hingga jalan Sudirman. Ada 400 orang lebih yang ikut aksi ini, mereka didominasi perempuan. Selagi longmarch berlasung, beberapa perempuan lainnya membagikan dan memasangkan jilbab pada pengunjung di berbagai titik.

"Setelah longmarch dan membagikan jilbab, kita akan ada orasi di jalan Agus Salim," terang Cindhi.

Dari pantauan Liputan6.com, masih banyak pengunjung yang malu-malu saat dipasangkan hijab oleh mereka. Mayoritas yang mau menerima hijab gratis itu adalah ibu-ibu.

"Ini lagi ngajak anak saya, ngasih tahu sama dia, kalau berhijab itu enggak harus becadar, enggak kayak yang digambarkan selama ini, enggak seram dan bikin ribet," kata Nila (40), yang membawa dua putri remajanya di CFD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini