Sukses

DPR Kirim Surat Hasil Paripurna Terkait Budi Gunawan ke Jokowi

Menurut Fahri, pemerintah juga ingin proses pemilihan Kepala BIN ini berjalan cepat.

Liputan6.com, Jakarta DPR akan mengirim surat hasil rapat paripurna yang menyetujui Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) kepada Presiden Jokowi sore ini. Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menyebut, sejak awal DPR ingin proses suksesi Kapala BIN cepat selesai.

"Segera setelah rapat paripurna ini tentu dari Kesetjenan dan Pimpinan DPR akan melaporkan kepada pemerintah untuk menindaklanjuti, secepat mungkin," ujar Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Menurut Fahri, pemerintah juga ingin proses pemilihan Kepala BIN ini berjalan cepat. Hal ini terlihat dari penyerahan surat pergantian Kepala BIN yang langsung dilakukan oleh Mensesneg Pratikno.

"Kami menganggap ini seperti salam dari Pak Pratikno kepada kami, ini dianggap penting, maka prosesnya cepat," kata Fahri.

Taufik Kurniawan akan mewakili pimpinan DPR untuk menandatangani surat persetujuan Budi Gunawan jadi kepala BIN. Mengingat Ketua DPR Ade Komarudin sedang bertugas di Mekkah untuk memantau pelaksanaan ibadah haji.

"Insya Allah sore ini surat dikirim," jelas Fahri.

Presiden Joko Widodo merekomendasikan Budi Gunawan untuk menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala BIN. Proses pergantiannya telah melalui proses yang panjang termasuk uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi I DPR pada Rabu 7 September 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini