Sukses

Tiga WNI Ditemukan Selamat di Haiti

Tiga WNI yang sempat tidak diketahui nasibnya sejak gempa bumi di Haiti akhirnya ditemukan. Kabar kondisi ketiga WNI itu diterima perwakilan RI untuk PBB melalui surat elektronik.

Liputan6.com, Port-au-Prince: Tiga warga negara Indonesia yang sempat tidak diketahui nasibnya sejak gempa bumi di Haiti akhirnya ditemukan. Kabar kondisi ketiga WNI itu diterima kuasa ad interim perwakilan RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui surat elektronik.

Ketiga WNI tersebut adalah Ni Luh Made Juini, Ni Ketur Yastri Astiti, dan I Gusti Ayu Putu Sukerti.  Kabar melalui e-mail itu dikirim oleh dua relawan Indonesia, Endang Satriyani dan Yogi Anggoro. Dua orang yang bekerja sebagai sukarelawan misi stabilisasi PBB itu kini tinggal bersama ketiga WNI di sebuah hotel di ibu kota Port-au-Prince.

Sementara itu hingga Jumat (15/1), pemerintah setempat kesulitan memindahkan ribuan mayat yang tergeletak di sejumlah ruas jalan. Selain aroma tak sedap, jasad korban gempa itu dikhawatirkan menimbulkan berbagai macam penyakit. Minimnya relawan membuat ribuan jenazah belum bisa dimakamkan.

Palang Merah Internasional memperkirakan jumlah korban tewas dalam gempa yang terjadi Selasa silam mencapai 50 ribu jiwa. Namun, jumlah ini belum termasuk yang mungkin tewas tertimbun di balik reruntuhan, yang diperkirakan berjumlah ribuan orang.

Sementara, akibat rusaknya jalur pelabuhan dan terbatasnya daya tampung bandara, distribusi bantuan internasional yang sudah mulai berdatangan sedikit terhambat.(WIL/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini