Sukses

Megawati Terima Penghargaan Lencana Tunas Kencana dari Pramuka

Dalam pidatonya, Megawati mengatakan bahwa kegiatan Jambore Nasional ke-10 itu sangat mendapat perhatian darinya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri menghadiri upacara penutupan Jambore ke-10 di Cibubur, Jakarta Timur. Kehadirannya ke bumi perkemahan itu dalam rangka memenuhi undangan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan agenda pemberian penghargaan Lencana Tunas Kencana.

Dalam pidatonya, Megawati mengatakan bahwa Jambore Nasional ke-10 sangat mendapat perhatian darinya. Selama kegiatan, para pemuda-pemudi Pramuka menunjukkan sikap berdisiplin dan riang gembira.

"Sebenarnya itu (penghargaan) bukan untuk saya, tapi untuk bangsa Indonesia," tutur Megawati di Jambore Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (20/8/2016).

Dia berharap, Jambore yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali itu dapat terus bertambah jumlah pesertanya. Sebab, kegiatan itu membentuk para pemuda bangsa menjadi pribadi yang berkreasi kreatif.

Praja Muda Karana, lanjut Mega, adalah anak-anak bangsa dengan kepribadian yang tegar, jujur, disiplin, serta yang utama mencintai negara dan bangsanya.

"Jumlahnya tahun ini 25 ribu, maka pada lima tahun mendatang tentunya yang masih berumur 11 tahunan masih bisa mengalami Jambore yang akan datang," ujar dia.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menjelaskan, pemberian penghargaan kepada Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu dikarenakan dia memiliki kontribusi besar terhadap gerakan Pramuka.

"Zaman Ibu Megawati itu rintisan awal program revitalisasi gerakan Pramuka dibentuk sebelum akhirnya diteruskan oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono," kata Adhyaksa saat pidatonya di acara Penutupan Jambore ke-10 Tahun 2106 di Jambore Cibubur.

Adhyaksa melanjutkan, Megawati selalu menghadiri setiap upacara Hari Pramuka pada masa kepemimpinannya, 2001-2014. Selain itu, dia juga yang mengalokasikan dana yang bersumber dari APBN dan APBD untuk Pramuka.

"Termasuk, dukungan atas terciptanya kesepakatan bersama lima menteri mengenai wawasan nusantara dengan memberikan kepercayaan, agar upaya pendidikan bela negara dilaksanakan melalui gerakan Pramuka," Adhyaksa menandaskan.

Megawati tiba di Jambore Cibubur pukul 19.00 WIB dikawal dengan sejumlah pengamanan Paspampres.

Mengenakan seragam Pramuka lengkap dengan baret cokelat, dia disambut oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault dan para tokoh yang terlibat dalam acara Jambore tersebut di Gedung Trisatya.

Dalam pertemuan itu, Mega berbincang mengenai seputar kegiatan yang sudah dilalui oleh para anak-anak Pramuka yang rata-rata berusia 11 hingga 15 tahun itu, yang datang dari 34 provinsi di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.