Sukses

Tarif Bus Transjakarta pada 17 Agustus 2016 Cuma Rp 1.708

Tarif khusus bus Transjakarta tersebut berlaku, baik untuk pembayaran secara tunai maupun nontunai.

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan memberlakukan tarif Rp 1.708 pada Rabu 17 Agustus besok. Tarif tersebut dalam rangka memperingati HUT)ke-71 Republik Indonesia.

"Kalau biasanya tarif bus Transjakarta Rp 3.500, maka khusus esok hari, bertepatan dengan HUT RI, tarifnya hanya Rp 1.708 untuk seluruh perjalanan," kata Humas PT Transjakarta, Prasetia Budi, di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (16/8/2016).

Menurut dia, nominal tarif yang akan diberlakukan memang sengaja dibuat menyesuaikan dengan Hari Kemerdekaan RI. Tarif khusus itu berlaku untuk untuk seluruh layanan, baik di dalam maupun di luar koridor.

Prasetia mengatakan, tarif khusus tersebut berlaku, baik untuk pembayaran secara tunai maupun nontunai. Pembayaran tunai yang dimaksud, yakni layanan Transjakarta yang beroperasi di luar koridor dan tidak memiliki halte.

"Kalau yang tidak ada haltenya, nanti seperti biasa, penumpang membayar tunai ke petugas. Kemudian petugas yang akan melakukan transaksi dan memberikan struk pembayaran ke penumpang," ujar Prasetia.

Selain pemberlakuan tarif khusus, PT Transjakarta juga akan memulai pelaksanaan uji coba sistem Tap In dan Tap Out bersamaan dengan perayaan HUT RI esok hari.

"Uji coba itu dilakukan bagi para penumpang yang menggunakan bus Transjakarta di Koridor 1 rute Blok M-Kota mulai besok. Dalam uji coba itu, penumpang tidak hanya Tap In, tetapi juga harus Tap Out saat keluar halte," tutur Prasetia.

Prasetia menjelaskan, saldo pada uang elektronik akan terpotong hanya saat penumpang melakukan Tap In (masuk ke halte), sedangkan saat Tap Out (keluar halte) hanya untuk membuka gate keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini