Sukses

Jokowi: Pamong Praja IPDN Harus Berani Lakukan Terobosan

Jokowi juga meminta para pamong praja ini menjadi pelopor reformasi birokrasi di mana pun ditugaskan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengukuhkan ‎1.921 pamong praja muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Dalam pengukuhan ini, pria bernama lengkap Joko Widodo itu didampingi Ibu Negara Iriana, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menko PMK Puan Maharani, Menko Polhukam Wiranto, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta.

Dalam pidatonya, Jokowi memberi selamat kepada para pamong praja muda itu. Dia mengatakan, hal ini‎ merupakan langkah awal pengabdian panjang sebagai aparatur sipil negara (ASN) untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

"Saudara akan jadi ujung tombak negara untuk memberikan pelayanan publik yang cepat, responsif dan berkualitas, sehingga negara selalu hadir di tengah rakyat," ucap Jokowi dalam pidatonya saat pengukuhan di IPDN, Senin (8/8/2016).

Jokowi juga meminta, agar para pamong praja ini menjadi pelopor reformasi birokrasi di mana pun ditugaskan. Mereka juga diminta harus jadi pribadi terdepan dalam program revolusi mental.

Tak cuma itu, Jokowi juga menekankan agar menjadi ASN yang punya integritas, efektif, dan berkualitas. Hal itu sebagaimana yang dikehendaki masyarakat terhadap ASN. Apalagi, tugas pelayanan ke depan semakin berat dengan kompleksitas permasalahan.

"Harus optimis dan berani melakukan terobosan. Saudara tengah berada di era persaingan global dengan perubahan yang sangat cepat. Perlu bekerja lebih responsif, mampu memberikan pelayanan publik dengan prima dan berinovasi untuk perkuat daya saing," kata eks Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi juga yakin, para pamong praja muda ini dapat mengemban tugas dengan baik dan menginisiasi perubahan serta reformasi birokrasi di lingkaran kerja masing-masing.

Bagi Jokowi,‎ kunci semuanya itu hanya ada satu, yakni berani melakukan perombakan, berinovasi, dan kreatif. Semua tidak harus berorientasi pada prosedur, tetapi mengedepankan hasil dan karya nyata.

"Pegang teguh komitmen untuk wujudkan pemerintahan bersih, integritas, bebas KKN, sehingga makin dipercaya masyarakat. Terakhir, selamat bertugas pamong praja muda Indonesia, semoga Tuhan selalu bersama kita," ucap Jokowi.

Patung Bung Karno di Kampus IPDN Sumedang, Jawa Barat ( Liputan6.com/ Oscar Ferri)

Kelar mengukuhkan, Jokowi dan rombongan menyempatkan diri untuk menyalami satu per satu sejumlah orangtua/wali mahasiswa dan mahasiswi.

Selanjutnya, Jokowi juga meresmikan patung Bung Karno di depan kampus IPDN. Patung ini dibuat untuk mengenang Presiden pertama RI itu sebagai pendiri Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) pada 17 Maret 1956 di Malang, Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.