Sukses

DKI Resmi Swakelola Sampah di Bantargebang September

Seluruh eks pekerja PT GTJ dan NOEI sudah dapat menjadi pekerja harian lepas (PHL) Dinas Kebersihan pada September.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kebersihan DKI Jakarta tengah mengebut perpindahan pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang dari PT Godang Tua Jaya (GTJ) dan PT Navigat Organic Energy Indonesia (NOEI).

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji menargetkan, pada awal September swakelola total sudah dilakukan DKI. Sedangkan sebelum September, masalah pengambilalihan eks pekerja PT GTJ dan PT NOEI juga harus selesai dilakukan.

"Jumlah eks pekerja begitu kami data ulang, jumlahnya bertambah menjadi 465 orang," kata Isnawa saat dihubungi, Jumat (5/8/2016).

Isnawa mengatakan, mulai September seluruh eks pekerja PT GTJ dan NOEI sudah dapat menjadi pekerja harian lepas (PHL) Dinas Kebersihan. Dengan gaji UMP Jakarta sebesar Rp 3,1 juta serta mendapat BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Selain itu, DKI Jakarta juga mendata jumlah pemulung yang berada di TPST Bantargebang untuk diberikan BPJS kesehatan. "Sedang mendata pemulung di sekitar sini. Sekitar 7.000 orang pemulung," ucap dia.

Saat ini meski masih dalam tahap pengambilalihan pengelolaan, Dinas Kebersihan DKI dan para eks pekerja GTJ dan NOEI sudah menangani sampah Jakarta yang mencapai 7.000 ton per harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.