Sukses

Pergantian Penjaga Istana Jadi Sasaran Warga Foto Bareng

Prosesi pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan bakal digelar terbuka untuk selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Depan Istana Merdeka yang biasanya steril dari masyarakat yang tidak berkepentingan, dapat didekati warga yang tengah mengikuti di Car Free Day pagi tadi. Pasukan pengamanan presiden (Paspampres) saat itu menggelar prosesi pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan yang bisa ditonton warga.

Dari pantauan Liputan6.com sejak pukul 08.00 WIB, warga heran dan bertanya-tanya apa yang bakal terjadi di depan Istana. Sebab, para anggota Paspampres sudah mulai mensterilkan Jalan Merdeka Utara dari kendaraan. Sehingga, pasukan jaga Istana yang berbaris dan siap serah terima itu terlihat dengan jelas.

Komandan Paspampres Mayjen TNI Bambang Suswantono mengatakan, seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan ini merupakan sebuah langkah dari pemerintah untuk semakin mendekatkan diri dengan rakyat sekaligus memberi kesempatan luas bagi masyarakat untuk sesekali menikmati suasana pagi di sekitar Istana.

Ini merupakan kali pertama proses itu bisa disaksikan masyarakat dari dekat, dan direncanakan akan terus berlanjut untuk pergantian jaga selanjutnya.

"Kita punya prosesi itu (serah terima jaga istana) tapi selama ini belum kita kemas dengan baik, kita tunjukkan pada masyarakat kita punya itu. Kebetulan kali ini serah terimanya hari libur, (selanjutnya) kita usahakan hari libur, sebab di hari biasa kita akan menutup lalu lintas," ujar Bambang.

Seorang warga berfoto diantara anggota Paspampres di depan Istana Negara, Jakarta, Minggu (17/7). Prosesi pergantian pasukan penjaga Istana Negara merupakan kegiatan rutin yang dilangsungkan pada Minggu ke-2 tiap bulannya. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Puluhan warga yang melintas tertarik, namun ragu-ragu untuk mendekat. Mereka baru mendekat saat anggota Paspampres mempersilakan warga dan menginstruksikan agar mendekat dan bisa selonjoran di rumput taman.

Wati, salah seorang warga Sawangan, Depok, sengaja mendatangi acara tersebut setelah mendengar informasi dari sang suami yang kebetulan anggota TNI.

"Ini ada nilai edukasinya juga, jadi baguslah kalau Presiden mau memperlihatkan kegiatan ini secara terbuka untuk umum," ujar ibu muda yang datang bersama anak dan suaminya ini.

Pergantian pasukan jaga di Istana (Liputan6.com/ Muslim AR)

Dari pantauan Liputan6.com, banyak warga yang berebut foto setelah seremonial tukar jaga itu dilakukan. Pasukan jaga baru tak langsung meninggalkan lokasi, mereka mempersilakan warga untuk berfoto ria disela-sela barisan pasukan bersenjata itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini