Sukses

JK Saksikan Peluncuran Satelit Lapan Karya Anak Bangsa di Bogor

Satelit ini berguna untuk mendukung pemindaian lahan pertanian, hutan, dan laut di wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan meluncurkan satelit Lapan-A3/IPB pada hari ini, Rabu (22/6/2016). Satelit karya anak bangsa ini akan diluncurkan di Sriharikota, India.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan menyaksikan langsung peluncuran satelit ini. Nonton bareng peluncuran satelit dilaksanakan di Pusat Teknologi Roket Lapan, Mekarsari, Rumpin, Bogor, Jawa Barat.

"LAPAN itu satelit kecil untuk cuaca, bukan untuk komunikasi. Beda," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa 21 Juni 2016.

Menurut Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, satelit ini berguna untuk mendukung pemindaian lahan pertanian, hutan, dan laut di wilayah Indonesia.

Sedikitnya ada 4 misi yang dibawa satelit, yakni pengambilan citra, khususnya untuk pemantauan pertanian, pemantauan kapal laut, pengukuran medan magnet bumi, dan uji kerekayasaan komponen satelit yang dibuat Lapan (Star sensor dan Reaction wheel).

"(Pertanian) Untuk skala terbatas," ujar JK.

Satelit Lapan-A3/IPB merupakan karya anak bangsa yang dibuat di Pusat Teknologi Satelit Lapan, Rancabungur, Bogor. Pembuatan satelit ini menelan biaya berbiaya Rp 60 miliar dengan dana APBN.

Lapan-A3/IPB akan mengorbit secara polar dengan jangkauan ketinggian sekitar 500 km. Satelit ini akan mengelilingi bumi sebanyak 14 kali dan melintasi Indonesia empat kali setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.