Sukses

3 Hal Ini Harus Ada Sebelum Terminal 3 Ultimate Soetta Dibuka

Jika pada tenggat yang diberikan Kemenhub masih menemukan ada kekurangan, pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta ditunda.

Liputan6.com, Tangerang - Jelang peresmian Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tim Komisioning Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, memberi tenggat kepada PT Angkasa Pura (AP) II untuk merampungkan semua fasilitas dan sarana yang ada di bandara.

Direktur Bandar Udara Dirjen Perhubungan Udara Yudhi Sari Sitompul mengatakan, dalam evaluasi yang telah dilakukan, pihaknya memberikan tenggat hingga 16 Juni mendatang atau empat hari sebelum resmi dioperasikan pada 20 Juni 2016.

"Hasil evaluasi memberikan cut of date 16 Juni, tidak ada lagi hal-hal yang kurang. Terlebih hal wajib dalam standar operasional bandara," kata Yudhi usai meninjau langsung kesiapan Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Senin 13 Juni 2016.

Dari hasil komisioning atau pengujian operasional secara real atau simulasi, ada tiga aspek penting yang menjadi perhatian. Yakni terkait persoalan keamanan, kenyamanan, dan pelayanan yang akan tersaji di Terminal 3 Ultimate.

"Karena Terminal 3 Ultimate ini diciptakan terbaik, mempromosikannya harus perfect dari aspek safety, security, dan services," jelas Yudhi.

Lalu, kata dia, bilamana pada tenggat yang diberikan Kemenhub masih menemukan ada kekurangan pada tiga hal tersebut, maka pengoperasian Terminal 3 Ultimate dipastikan ditunda.

"Kalau temuan-temuan dari Perhubungan Udara belum bisa terselesaikan, kami tunda sampai seluruh persyaratan selesai," tegas Yudhi.

Tiga Pintu

Sementara Direktur Keamanan Penerbangan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Nasir Usman mengatakan, pengoperasian ini baru akan dilaksanakan di Gate 3, 4, dan 5. Lalu dengan ruang chek in counter D, E, dan F.

"Jadi belum seluruhnya dioperasikan, itu memang kecil tapi jangan main-main, karena ini menyangkut urusan keamanan," kata dia.

Dari aspek keamanan, penerbangan Terminal 3 Ultimate sudah memenuhi 80 persen standar keamanan penerbangan. Sementara, 20 persen lagi kekurangannya.

"Ya tinggal moles-moles lagi yang kecil," kata Nasir tanpa menguraikan lebih jauh hal kecil apa yang dimaksud.

Rencananya, PT AP II akan mengoperasikan sebagian Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta pada 20 Juni mendatang. Maskapai pelat merah Garuda Indonesia akan menempati pertama kalinya terminal anyar termegah di Indonesia itu.

"Garuda rencananya akan melayani beberapa rute domestik dulu. Barulah pada Maret 2017 seluruh rute domestik dan internasional akan dilayani di sini," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya.
    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini