Sukses


Kemah Sosialisasi 4 Pilar Digelar di Kota Batu

Kemah Sosialisasi Empat Pilar ini diikuti 200 anggota Pramuka Penegak dan Pandega se-Malang Raya.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR Zainut Tauhid Sa'adi, Kamis 19 Mei 2016 sore kemarin secara resmi membuka rangkaian kegiatan Kemah Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang berlangsung di Kota Wisata Batu, Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Zainut Tauhid menyatakan Pramuka sebagai sasaran sosialisasi Empat Pilar yang sangat strategis. Karena pramuka adalah anak-anak remaja yang masih terus mencari jati diri, sehingga perlu bekal, perlu memahami, dan mendalami dasar negara.

"'Karena ideologi negara merupakan jati diri bangsa," ujar Zainut di Nawangsari Hall Hotel Panorama Kota Wisata Baru, Jawa Timur.

Jadi, menurut Zainut, kegiatan kemah ini akan memberikan pemahaman nilai-nilai luhur bangsa kepada anak-anak pramuka dengan maksud menjaga agar mereka tidak terpengaruh oleh ideologi lain. Ideologi yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, seperti ideologi komunisme, liberalisme, dan isme yang lainnya.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan ini berharap, para peserta ini mau menularkan nilai-nilai yang mengandung filosofi dan perekat bangsa ini ke yang lain. Karena salah satu tujuan sosialisasi ini untuk kembali mengingatkan akan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara dan ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

"Seperti kita ketahui, nilai-nilai luhur itu mulai ditinggalkan," ucap Zainut.

Kemah Sosialisasi Empat Pilar MPR ini diselenggarakan oleh MPR bekerja sama dengan Kewartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka. Ini untuk ketiga kalinya kegiatan Kemah Sosialisasi Empat Pilar di selenggara di tahun 2016, setelah sebelumnya 2 kali berlangsung di Bumi Perkemahan Kiarapayung, Jatinangor, Jawa Barat.

Kepala Bagian Sekretariat Badan Sosialisasi Biro Persidangan dan Sosialisasi Setjen MPR, Muhamad Jaya, selaku panitia penyelenggara melaporkan, Kemah Sosialisasi Empat Pilar ini diikuti 200 anggota Pramuka Penegak dan Pandega se-Malang Raya: Kota Baru, Kabupaten Malang dan Kota Malang.

Kemah Sosialisasi Empat Pilar ini diikuti 200 anggota Pramuka Penegak dan Pandega se Malang Raya.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi sesi pertama, juga bertempat di Nawangsari Hall Hotel Panorama Kota Wisata Baru, Jawa Timur.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh anggota MPR Fraksi Partai Gollkar Hardisoesilo, anggota MPR Fraksi PDI Perjuangan Sirmadji, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Hubungan Kerjasama Marbawi, dan Wakil Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur AR Purwadi.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.