Sukses

Menag Targetkan Urusan Pemondokan Haji Tuntas Bulan Depan

Hingga saat ini, setidaknya sudah ada sekitar 103 ribu paspor bagi jemaah haji yang sudah selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan, pengadaan pemondokan haji 2016 sudah hampir rampung. ‎Hingga saat ini, pemerintah telah mendapatkan 119 hotel untuk jemaah haji di Mekah.

"Untuk Mekah sampai sekarang sudah 99,33 persen total hotel yang sudah kita teken kontrak. Jadi sudah ada 119 hotel, sudah tinggal sedikit sekali untuk penuhi kebutuhan jemaah," ujar Lukman usai Rakor Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2016).

Sementara pengadaan pemondokan haji di Madinah sudah mencapai 78,33 persen. Lukman menargetkan urusan pemondokan haji ini akan tuntas bulan depan.‎ Seluruh hotel yang akan ditempati jemaah haji memiliki kualitas bintang 3 dan 4.

"Mudah-mudahan menjelang dan selama Ramadan bisa segera tuntas. Memasuki Syawal kita sudah selesai dalam hal pemondokan di Mekah dan Madinah, termasuk juga katering," tutur dia.

Lebih dari itu, proses ‎administrasi para jemaah haji juga sudah berjalan cepat. Hingga saat ini, setidaknya sudah ada sekitar 103 ribu paspor bagi jemaah haji yang sudah selesai.

‎"Untuk paspor ada komitmen dari Kementerian Hukum dan HAM akan dipercepat. Dan alhamdulillah sekarang sudah ada 103.000 jemaah yang paspornya sudah selesai. Jadi kita lebih dini, lebih cepat cepat persiapkan segalanya," pungkas Lukman Hakim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini