Sukses

Ahok Ingin Ubah Ciliwung Jadi Tempat Wisata Alam

Ahok pun menginstruksikan Wali Kota Jakarta Timur dan Selatan untuk menggandeng swasta agar bibir sungai bisa dijadikan ruang terbuka hijau.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berencana membuat wisata alam di Kali Ciliwung. Ide ini dia dapatkan usai menyusuri sungai itu selama 2 jam. Sehingga dia membatalkan rencana membangun transportasi air.

"Sepertinya lebih cocok kita usahakan jadi tempat wisata alam," kata Ahok di kawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur, Rabu (18/5/2016).

Ahok mengakui kondisi air di Kali Ciliwung tak bisa diprediksi. Sewaktu-waktu volume air Ciliwung dapat bertambah pesat maupun surut.


"Kita hitung-hitung pun ternyata jauh lebih cepat dari darat ketimbang dari jalur air," ucap dia.

Ahok pun menginstruksikan Wali Kota Jakarta Timur dan Jakarta Selatan untuk menggandeng  swasta agar bagian belakang apartemen di bibir sungai bisa dijadikan ruang terbuka hijau.

"Buat apartemen swasta yang mau bikin taman di belakang dekat bibir sungai boleh. Asal mereka yang merawat sendiri. Nanti bagus kalau ada taman di belakangnya sambil wisata," ucap Ahok.

Saat menyusuri Sungai Ciliwung, perahu Ahok sesekali terhenti. Sampah nyangkut di perahu itu.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, saat mengikuti Ahok menyusuri Ciliwung, banyak sampah di sungai. Bibir sungai pun banyak bekas sampah yang menempel bahkan hingga ke dahan pohon. Tak hanya sampah, rumah berbahan tripleks juga masih banyak berjejer di tepi sungai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini