Sukses

Detik-detik Jembatan Tol BSD Ambruk Dihantam Truk Tronton

Diduga sopir truk tidak memperhitungkan tinggi muatan dengan jembatan yang akan dilalui.

Liputan6.com, Tangerang - Truk tronton diduga menjadi penyebab ambruknya jembatan penyeberangan orang (JPO) di Tol BSD-Jakarta KM 7-600, tepatnya di RT 01/06, Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Muatan truk tersangkut badan jembatan dan berakibat ambruknya JPO.

Kapolres Tangerang Selatan Ajun Komisaris Besar Ayi Supardan mengungkapkan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Saat itu, tronton melaju dari arah BSD ke Jakarta melintas di bawah JPO.

Namun crane tronton tersebut tersangkut di badan jembatan atau di bagian bawah jembatan. Truk yang disopiri Sarman Simbolon (34), malah memaksakan truk untuk melewati ruas di bawah jembatan.

Tiba-tiba 'Bruk!' jembatan ambruk menutup badan jalan tol.

"Tidak ada korban jiwa atau korban luka-luka. Sopir truk pun selamat," kata Ayi.

 



Ayi mengaku, insiden ini diduga terjadi akibat pengemudi truk tidak memperhitungkan betul jarak amannya.

"Sepertinya kurang perhitungan antara tinggi crane dengan JPO," kata Ayi.

Akibat kejadian tersebut, jalan tol dari arah BSD ke Jakarta ditutup sementara waktu. Kemudian dialihkan melalui tol Alam Sutera, Pamulang, Ciputat, atau Tangerang.

Lalu, tol dari arah Jakarta ke BSD masih bisa dilalui. "Bisa dilalui tapi kita kurangi, atau pengendara bisa keluar di Alam Sutera dan Pondok Aren," kata Ayi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.