Sukses

Pengakuan Mengerikan ABK WNI Saat Disandera Abu Sayyaf

4 ABK WNI telah berhasil bebas dari cengkeraman Abu Sayyaf. Ada cerita mengerikan selama mereka jadi sandera.

Liputan6.com, Jakarta - Empat ABK WNI kini dapat menghirup udara lepas setelah pemerintah membebaskan mereka dari cengkeraman kelompok Abu Sayyaf di Filipina. Selama dalam penyanderaan itu, ABK tersebut mengaku diancam.

Hal itu diungkapkan seorang ABK, Samsir. Dia menuturkan saat menjadi sandera, Abu Sayyaf mengancam akan membunuhnya. Bahkan ia juga diteror melalui tayangan video menyeramkan milik kelompok radikal tersebut.

"Kita dikasih lihat video kalau enggak ditebus nanti digorok," ucap Samsir di Gedung Pancasila Kemlu, Jakarta, Jumat (13/6/2016).

Meski ada ancaman tersebut, seorang sandera lainnya, Loren Marinus Rumawi memastikan bahwa pembebasan WNI tersebut tanpa uang tebusan. "Kita dibebaskan tanpa ada tebusan," ucap Loren.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan Tidak Tiap Hari

Loren menuturkan penderitaannya saat menjadi sandera kelompok Abu Sayyaf. Dia mengaku mengonsumsi makanan yang dianggapnya tak layak untuk mengisi perut.

"Kita hari-hari makannya cuma nasi dan kelapa kering saja kopra," ucap Loren.

Tak hanya itu, penderitaan masih belum berakhir. Dia mengaku diberi makan tidak setiap hari. "Kita kadang dua hari, kita dikasih makan sekali," ucap Loren.

Saat mereka makan pun, pengawasan ketat terus dilakukan. Bahkan, tangan para sandera tak lepas dari ikatan meski tengah makan.

"Tangan diikat satu tangan, makannya pakai satu tangan setiap hari diikat," ucap Loren.

Pemerintah telah menyelamatkan 4 ABK WNI yang disandera Abu Sayyaf di Filipina. Para mantan sandera itu tiba di Jakarta pada pukul 10.25 tadi pagi. Setelah itu, mereka diboyong ke RSPAD Gatot Subroto untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan itu meliputi psikis dan fisik. Sejumlah dokter spesialis diturunkan untuk mengecek kondisi kesehatan dari ABK itu. Dari hasil pemeriksaan tersebut, kesehatan ABK tersebut dalam kondisi baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini