Sukses

4 WNI Eks Sandera Abu Sayyaf Bisa Pulang ke Rumah Hari Ini

Lambaian tangan dan senyum terkembang dari wajah 4 WNI yang tiba sekitar pukul 10.24 WIB di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Lambaian tangan dan senyum mengembang dari wajah 4 WNI yang tiba sekitar pukul 10.24 WIB di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Mereka baru saja dibebaskan dari penyanderaan kelompok Abu Sayyaf di Filipina.

Keempatnya kemudian satu per satu masuk ke dalam mobil Mercedes Benz hitam berukuran mini bus. Mereka pun meluncur ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyatakan, jika kondisi mereka sehat, 4 WNI itu bisa langsung diserahkan kepada keluarga masing-masing.

"Apabila semuanya dipastikan dalam keadaan sehat, maka sore ini juga Kemenlu akan menyerahkan WNI kepada keluarga masing-masing," kata Retno di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (13/5/2016).

"Mudah-mudahan apabila pemeriksaan kesehatan berjalan lancar, keempat saudara kita akan segera bertemu keluarganya."

Sebelumnya, ke-4 WNI itu diserahterimakan dari Otoritas Filipina pada Kamis 12 Mei 2016 siang dan diterbangkan ke Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat pagi tadi.

Dari Tarakan, keempatnya kemudian diterbangkan menuju Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Keempat WNI disandera kelompok Abu Sayyaf pada 16 April 2016, saat tengah berada di atas kapal Tongkang Christy yang menarik Kapal TB Henry di perairan perbatasan Malaysia-Filipina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini