Sukses

HMI Laporkan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang ke Bareskrim Polri

Pernyataan Saut di televisi swasta menuai reaksi keras dari pihak HMI.

Liputan6.com, Jakarta - Pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Sitomorang di salah satu stasiun televisi yang menyudutkan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berbuntut panjang. Ia pun dilaporkan ke Bareskrim Polri.

Berdasarkan tanda bukti lapor TLB/337/V/2016/Bareskrim dan nomor LP/479/V/2016/Bareskrim, Saut dilaporkan atas Pasal 310 KUHP jo Pasal 311 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Kami dari PB HMI secara tegas melaporkan yang bersangkutan (Saut)," ujar Ketua Umum PB HMI Muhammad Fauzi usai membuat laporan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (9/5/2016).

Fauzi mengatakan, jajarannya tidak akan membuka proses damai bagi Saut. Menurut dia, pernyataan sang Wakil Ketua KPK itu sudah berlebihan. Tak hanya itu, ia juga menyebut akan melaporkan Saut ke komisi etik KPK.

"Di samping ke sini kita juga akan ke komite etik untuk melaporkan pelanggaran etik. Saya kira bisa diproses secara etik," ucap dia.

Pimpinan KPK yang baru, Saut Situmorang saat memberikan pendapat dalam diskusi yang digelar di Jakarta, Sabtu (19/12/2015).  (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, pernyataan Saut di televisi swasta menuai reaksi keras dari pihak HMI. Dalam pernyataannya saat itu, dia mengaitkan metode pelatihan dasar di HMI dengan alumninya yang banyak tersandung kasus korupsi.

Saut pun menyampaikan permohonan maaf atas pernyataan yang dilontarkannya pada Kamis 5 Mei 2016 itu.

Dia meyakinkan apa yang disampaikan bukan bermaksud untuk menyinggung HMI. Mantan petinggi di Badan Intelejen Negara (BIN) ini pun mengajak organisasi yang didirikan pada 5 Februari 1947 itu untuk bermitra dengan KPK.

"Saya selaku pribadi, tidak bermaksud menyinggung HMI. Saya mohon maaf atas pernyataan saya tersebut," ucap Saut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini