Sukses

4 Rest Area Ini Jadi Penyebab Kemacetan Tol Cikampek

Tol Jakarta-Cikampek masih diwarnai kemacetan kendaraan ke Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Tol Jakarta-Cikampek masih diwarnai kepadatan kendaraan ke Jawa Barat dan Jawa Tengah. Selain banyaknya jumlah kendaraan yang melintas, ternyata ada empat rest area yang menjadi penyebab kemacetan.

Kepala Bagian Operasional Korps Lalu Lintas Polri, Komisaris Besar Istiono mengungkapkan empat rest area tersebut terdapat di kilometer 19, 33, 39 dan 57 Tol Cikampek.

"Terjadi perlambatan di area-area tersebut," ungkap Istiono di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, Kamis (5/5/2016).


Istiono mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai cara guna mencairkan kepadatan di area tersebut. Di antaranya adalah dengan menutup sementara tiga rest area bila memang sudah dipenuhi kendaraan. Ketiga rest area tersebut adalah rest area di kilometer 19, 39, dan 57.

"Kalau sudah padat kami tutup, tetapi kalau sudah di tiga rest area tersebut sudah berangsur sepi, kami buka kembali," terang dia.

Tetapi hanya rest area di kilometer 33 saja yang tidak ditutup sementara. Alasannya, rest area tersebut berkapasitas kecil dan tidak bisa menampung banyak kendaraan. Belum lagi banyak truk dan kendaraan pribadi yang parkir di bahu jalan.

"Makanya kami sudah usul, jadi nanti tidak usah nanggung-nanggung lah. Rest areanya kalau perlu diperbesar sekalian. Jadi bisa sekalian untuk tempat istirahat pengemudi," ucap Istiono.

Guna mencairkan kepadatan arus, Istiono menambahkan, pihaknya sudah mengakalinya dengan membuka sistem lawan arus atau contraflow hingga kilometer 61.

"Supaya memperlancar lagi kami buka contraflow lagi tadi kilometer 41 sampai kilometer 61 untuk meloncati rest area 57," tutup Istiono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini