Sukses

Panglima TNI: 4 ABK WNI Sandera Lainnya Segera Dibebaskan

Panglima TNI optimistis dapat membebaskan 4 ABK WNI yang masih dalam penyanderaan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 10 WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf telah dibebaskan. Mereka merupakan kru kapal tugboat yang diculik dari perairan Sulu pada 28 Maret lalu.

Namun begitu, masih ada 4 WNI lainnya yang diduga masih dalam cengkraman kelompok radikal. Mereka disandera pada 16 April 2016 saat tengah berada di atas kapal Tongkang Christy yang menarik Kapal TB Henry di perairan perbatasan Malaysia-Filipina.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan akan mengupayakan penyelamatan WNI tersebut. Dia optimistis pihaknya dapat membebaskannya dengan segera.

"Saya mohon doa. Agar tidak lama lagi juga yang 4 WNI kita bisa bebaskan dengan selamat," kata Gatot dalam keterangan pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/5/2016).

Hal senada juga ditegaskan Presiden Joko Widodo. Saat ini pemerintah masih bekerja keras untuk membebaskan sandera lainnya.

"Saat ini kita masih terus bekerja keras untuk pembebasan 4 ABK WNI lainnya," ujar Jokowi dalam keterangan pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/5/2016).

Selain itu, Presiden Jokowi mengatakan isu lain yang tak kalah penting adalah keamanan di perairan perbatasan dan wilayah sekitarnya yang menyangkut wilayah teritorial laut negara bertetangga.

"Oleh karena itu akan didakan pertemuan pada tanggal 5 Mei antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini