Sukses

Buruh Sindir Rekannya: Ke Jakarta Salurkan Aspirasi Bukan Tamasya

Dalam aksi May Day, buruh mendatangkan tim drum band di Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan ribu massa buruh dari berbagai aliansi mulai memadati Silang Monas Selatan atau Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat. Mereka menyemut dalam rangka peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day 2016. Aksi itu dilakukan sebelum menggelar orasi di depan Istana Merdeka.

Pantauan Liputan6.com, massa berkumpul dengan membunyikan sejumlah lagu melalui pengeras suara di mobil komando mereka. Bahkan ada sekelompok massa yang mendatangkan drum band. Massa pun terlihat asyik bergoyang di sela-sela pekikan suara orasi dari koordinator lapangan mereka.

Massa dari berbagai arah terus berdatangan berkumpul di Bundaran Patung Kuda dengan berjalan kaki sambil berorasi. Salah satu mobil komando berusaha‎ mengerahkan massanya menuju Balai Kota DKI Jakarta.

"Kawan-kawan, mari kita bergerak menuju Balai Kota. Yang di dalam Monas segera keluar. Kita hari ini datang untuk menyuarakan aspirasi kita, bukan untuk bertamasya," ujar orator yang berada di mobil komando, Jakarta, Minggu (1/5/2016).

Namun hingga kini, kawasan di depan Balai Kota DKI masih steril dari massa demonstran. Beberapa aparat gabungan terlihat berjaga di depan Istana Wakil Presiden yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan. Mereka juga memblokade ruas jalan persis di depan Istana Wapres.

Sementara massa yang telah berkumpul di Jalan Medan Merdeka Timur diarahkan menuju Bundaran Patung Kuda melalui Jalan Medan Merdeka Selatan sisi Monas. Hingga kini, massa belum bergerak menuju Istana Merdeka. Padahal rencananya jam 13.00 WIB nanti, massa akan bergerak menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini