Sukses

Ingin Terhindar Macet Libur Panjang 5-8 Mei? Simak Tips Berikut

Kepadatan diperkirakan mulai terjadi 4 Mei 2016 mendatang sejumlah ruas tol dalam dan luar kota.

Liputan6.com, Jakarta - Jasa Marga memprediksi akan terjadi lonjakan kendaraan di libur panjang yang jatuh pada 5-8 Mei 2016. Lonjakan diprediksi terjadi di sejumlah ruas tol dalam dan luar kota.

Direktur Operasi Jasamarga Christantio Prihambodo mengatakan, kepadatan yang diperkirakan mulai terjadi 4 Mei mendatang dapat diselesaikan, salah satunya dengan kerjasama dari para pengendara.

"Pihak Jasa Marga juga butuh pengertian dari setiap pengguna tol juga. Itu juga untuk kenyamanan setiap pemudik dan yang hendak keluar kota saat libur nanti," tutur Christiantio di kantor PT Jasa Marga, Jakarta Timur, Jumat (29/4/2016).

Salah satunya, Christantio mengatakan, adalah dengan penggunaan e-Toll Card ketika hendak menggunakan ruas jalan tol. Dengan begitu, penumpukan kendaraan di pintu tol akan lebih cepat terurai.

 


"Akan lebih baik menggunakan e-Toll Card untuk pembayaran transaksi di GTO (Gerbang Tol Otomatis) atau siapkan saja uang pas untuk transaksi tunai. Itu lebih memudahkan," jelas dia.

Selain itu, pengguna tol sebaiknya mempersiapkan kendaraan dengan mengisi bahan bakar yang cukup, sehingga tidak perlu mengisi BBM di tempat istirahat. Dengan begitu, tidak akan terjadi lagi keterhambatan lalu lintas yang diakibatkan penuhnya tempat istirahat.

"Pengguna tol juga sebaiknya membawa perbekalan secukupnya selama perjalanan dan mempersiapkan kondisi fisik kendaraan dan pengemudi sebelum melakukan perjalanan," lanjut Christantio.

Adapun terkait pelayanan informasi, pihak Jasa Marga berjanji terus melakukan meng-update kondisi lalu lintas terkini di jalan tol melalui VMS (Variable Message Sign).

"Kita juga beri informasi melalui program radio siaran niaga, serta sosial media melalui twitter @PTJASAMARGA," terang dia.

Bagi pengguna jalan tol yang ingin mengetahui tentang kondisi lalu lintas di jalan tol, dapat juga menghubungi Call Center Jasa Marga di nomor 14080.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini