Sukses


Ketua MPR: TMII adalah Contoh Sebuah Keberagamaan

Keberagaman di TMII, menurut Zulkifli Hasan menjadi sumber kekuatan bangsa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Taman Mini Indonesia Indah, menurut Zulkifli Hasan, sejak berdiri 41 tahun lalu hingga sekarang telah memperkuat karakter bangsa Indonesia, dan telah memperkuat identitas bangsa Indonesia.

TMII yang digagas oleh Bu Tin Soeharto sebagai mini Indonesia dan sekaligus jendela bagi bangsa Indonesia telah berbuat banyak. TMII adalah wahana pendidikan, wahana promosi, wahana dan pemersatu bangsa.

"Kita mengapresiasi TMII, karena telah berbuat untuk bangsa ini," ujar Zulkifli saat acara puncak Pekan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 TMII di Jakarta, Minggu Sore (24/4). Acara puncak dihadiri Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Direktur Utama TMII, Dr. AJ. Bambang Sutanto, Dewan Komisaris TMII, Wakil Bupati Bangli, Tokoh Masyarakat Aceh, Abdullah Puteh dan istri, serta tamu undangan lainnya.

Kehadiran Gubernur Aceh kali ini dikarenakan Aceh bertindak sebagai penyelenggaraan HUT TMII pada tahun ini.

TMII adalah contoh sebuah keberagamaan. Keberagaman di TMII, menurut Zulkifli Hasan, bisa kita saksikan berasal dari seluruh Tanah Air. "Keberagaman adalah sumber kekuatan kita," ungkap ketua MPR yang juga politisi PAN ini.

Zulkifli lalu bercerita ketika menghadiri sebuah acara NTT bersama Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X. Sultan protes karena acara dibuka dengan pemukulan gong, sama di Jawa. "Itu bukan keragaman, tapi menyamakan," cerita Zulkifli Hasan.

"Keberagaman tapi kita tetap satu. Itulah yang dilakukan TMII selama 41 tahun ini," katanya.

Usai memberikan sambutan, Zulkifli Hasan bersama Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan tamu lainnya menyaksikan Festival Tari Saman yang digelar di Plasa Tugu Api PancasilaTMII. Festival ini menampilkan 6000 penari.

Luar Biasanya Festival Tari Saman

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Luar Biasanya Festival Tari Saman

Sebanyak 6600 penari ambil bagian dalam festival tari Saman ini. Bukan hanya rekor MURI tapi persembahan ini juga layak dicatat sebagai rekor dunia. Para penaripun mendapat apresiasi dari Ketua MPR RI.

"Anda (para penari-red) adalah pahlawan Indonesia, srikandi dalam mengangkat budaya Indonesia," kata Zulkifli Hasan dengan berapi-api.

Zulkifli berharap, para penari telah menunjukkan Indonesia luar biasa. "Saya tidak setuju hanya dicatat sebagai rekor Indonesia. Ini merupakan rekor dunia," kata Zulkifli seraya mengucapkan terima kasih pada para penari dan duta Indonesia.

Selanjutnya Zulkifli juga berharap, TMII menampilkan lagu budaya Indonesia lainnya, agar Indonesia terkenal di seluruh dunia.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.