Sukses

2 Faktor Penyebab Ditundanya Munaslub Golkar Versi JK

Sebagai tanda terbentuknya rekonsiliasi 2 kepengurusan di Partai Golkar, maka acara tersebut pantas dihadiri Presiden

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga merupakan mantan Ketua Umum Partai Golkar menilai ada 2 faktor yang menyebabkan pelaksanaan Musyawarah Nasional Luar Biasa ( Munaslub) partai berlambang beringin itu mundur dari jadwal.

"Pertama ketersediaan tempat dan hotel. Bisa saja tidak ada kamar dan tidak ada tempat (untuk tidur peserta munaslub)," kata JK, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Alasan kedua, kata JK, yaitu menunggu ketersediaan waktu Presiden Jokowi untuk hadir dan membuka Munaslub tersebut. Menurutnya sebagai tanda terbentuknya rekonsiliasi 2 kepengrusan di Partai Golkar, maka acara tersebut pantas dihadiri Presiden.

"Kedua, kesempatan Presiden, karena Golkar sangat ingin presiden hadir, karena menandakan legalitas yang baik kan. Setelah bersatu, kadang-kadang cocok presiden hadir," tandas JK.

Ketua Panitia  Penyelenggara Munaslub Partai Golkar Nurdin Halid menuturkan penyelenggaraan Munaslub digelar pada 25-27 Mei mendatang di Bali. Menurutnya penundaan dilakukan lantaran belum adanya legalitas hukum Munas. "SK Menkumham belum turun, kita tunda karena belum ada landasan hukumnya," kata Nurdin kepada Liputan6.com.

Sejauh ini, beberapa kandidat ketua umum Partai Golkar‎ yang sudah menyatakan diri siap bertarung pada saat munas yaitu Airlangga Hartarto, Ade Komaruddin, Aziz Syamsuddin, Mahyudin, dan Setya Novanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini