Sukses

Dijaga Ratusan Aparat Gabungan, Penertiban di Pulomas Lancar

Kawasan Pacuan Kuda Pulomas akan direvitalisasi mempersiapkan Asian Games 2018 nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 600 personel gabungan bersiaga di RT 8 RW 16, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Kawasan yang dikenal dengan Pacuan Kuda Pulomas ini akan dibenahi dalam rangka menyambut Asian Games.

Para personel tersebut terdiri dari 250 petugas Satpol PP Jakarta Timur, 150 personel polisi, 50 TNI, serta beberapa unsur terkait.

"Pembongkaran bangunan di kawasan Pacuan Kuda Pulomas terkait dengan program yang akan dlaksanakan untuk kegiatan internasional pada Asian Games 2018 mendatang," kata Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, di lokasi penertiban, Rabu (20/4/2016).

Penggusuran kawasan Pacuan Kuda Pulomas dilakukan untuk persiapan Asian Games 2018 (Liputan6.com/Nanda)

Dia melanjutkan, 82 KK warga yang terdampak penertiban, sudah direlokasi ke Rusun Pulogebang. Proses relokasi warga pun dibantu petugas, mulai dari lokasi penertiban hingga ke Rusun Pulogebang.

"Kita bantu pemindahannya dari rumah ke mobil. Kemudian ke rusun yang baru hingga dimasukkan ke dalam," terang dia.

Kapolres Metro Jakarta Timur Komisaris Besar Agung Budidjono juga memastikan, diterjunkannya personel dari Polres Jakarta Timur adalah untuk mengawal jalannya penertiban dari provokasi pihak tidak bertanggungjawab.

"Kita bantu Satpol PP saja. Total ada 600 tapi itu gabungan," ujar Agung.

Pembongkaran berlangsung kondusif. Tidak ada perlawanan atau penolakan dari warga yang terkena dampak pembongkaran. Sebanyak 105 bangunan luluh lantak dihantam backhoe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.