Sukses

Cara Unik KPK Cegah Bahaya Korupsi

KPK tengah gencar melakukan proses edukasi untuk mencegah korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kerap diidentikkan dengan aksi menangkap seseorang yang terlibat dalam kasus pidana korupsi. Usai diperiksa KPK, mereka kerap berlarian saat ditanya awak media.

Di bawah pimpinan Agus Rahardjo, citra itu ingin diubah. Terlebih dengan hadirnya gedung baru komisi antirasuah itu.

Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif mengatakan, lembaganya tengah gencar melakukan proses edukasi untuk mencegah korupsi, dan bukan hanya sekadar memberantas rasuah.

 

Salah satu langkah yang tergolong unik adalah membuat permainan berupa board game, dengan beberapa jenis pilihan. Bahkan bukan hanya itu, game berjenis online juga telah diluncurkan.

"Kita itu ada anti Corruption Learning Center. Nah, kita disuruh seperti negara lain. Jadi salah satunya dengan permainan ini. Agar Kalau ke KPK jangan takut, gemeteran. Kan ada dua gedung nantinya, biar di gedung baru buat yang seram-seram, di sini (gedung lama) buat santai-santai belajar pencegahan," jelas Syarif di kantornya, Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Dia pun mengatakan, sasaran utama permainan tersebut adalah mereka-mereka yang masih muda. Yaitu dari kalangan siswa sekolah.

"Sasarannya ya tadi itu mulai dari anak prasekolah, mulai anak SD, SMP, SMA bahkan mahasiswa," tutur Syarif.

Nantinya, permainan itu akan diperkenalkan di sekolah-sekolah, maupun universitas di Indonesia. "Supaya nilai antikorupsi itu bisa dihayati sejak usia dini," tutup Syarif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

Video Terkini