Sukses

Sabu 13 Kg dari Tiongkok Diselundupkan dalam Kotak Cokelat

Dari alamat paket itu, tertera koperasi sebuah universitas swasta ternama di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat menggagalkan penyelundupan narkoba seberat 13 kilogram dari Tiongkok. Sabu diselundupkan dan disamarkan dalam kotak cokelat.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kompol Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengatakan, kepolisian Tanah Air bekerja sama dengan kepolisian Tiongkok menangkap pengirim sabu dalam kotak cokelat tersebut. Ada dua peti kayu berisi enam dus dengan 44 set kotak cokelat dan berisi sabu seberat 13 kilogram yang dikirimkan dari Tiongkok.

Rudy mengatakan, dari alamat paket itu, tertera koperasi sebuah universitas swasta ternama di Jakarta Barat. Namun, pengurus koperasi menyatakan tidak tahu-menahu.

"Kami masih mengembangkannya," kata Rudy.

Sementara itu, Wakasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Slamet mengatakan, terungkapnya penyelundupan sabu itu berawal dari laporan sebuah perusahaan ekspedisi di kawasan Jalan Palem Lestari, Ruko Fantasi, Blok X, Cengkareng, Jakarta Barat, pada Senin 11 April 2016.

"Saat dapat laporan, tim langsung terjun dan menemukan sabu dalam barang tersebut," kata Slamet.

Dalam menyelundupkan narkoba itu, pelaku mencoba mengelabui petugas dengan cara membungkusnya melalui alumunium foil, layaknya kue coklat. "Kami telah memusnahkannya, total nilai sabu-sabu ini Rp 25 miliar lebih," tutur Rudy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.