Sukses

Jokowi: Tol Pejagan-Pemalang I dan II Beroperasi Lebaran 2016

Blusukan Jokowi dilakukan saat menempuh perjalanan dari Helipad Stadion Karang Birahi

Liputan6.com, Jakarta - Di sela kunjungannya dalam acara peluncuran Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat di Terminal Agribisnis Desa Larangan, Brebes, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan diri 'Blusukan' meninjau Jalan tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, Senin, (11/4/2016).

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari Tim Komunikasi Presiden, blusukan Jokowi tersebut dilakukan saat menempuh perjalanan dari Helipad Stadion Karang Birahi, Brebes menuju tempat penyelenggaraan Peluncuran Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat di Terminal Agribisnis.

Jalan tol ini terbentang sepanjang 57,5 kilometer yang menghubungkan daerah Pejagan, Brebes dengan Pemalang, Jawa Tengah. Jokowi mengatakan bahwa 21 kilometer dari ruas tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II telah selesai.  "Nanti dipakai untuk lebaran, kemudian 37 km lagi, Insya Allah 1 tahun saya beri target tadi ke Menteri PU, Menteri BUMN dan Dirut Waskita Karya, rampung," ujar Jokowi.

Dengan berfungsinya jalan tol tersebut,  tentunya akan mempercepat distribusi barang dan mobiltas orang. Bahkan Presiden menggarisbawahi bahwa jalan tol ini dapat dikerjakan dengan cepat. "14 bulan rampung siang malam," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Setelah bulan Mei 2016, lanjut Presiden, pembangunan tol akan dilanjutkan untuk ruas Batang-Semarang sepanjang 75 km. Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Direktur Utama Waskita Karya M Choliq.

Jalan Tol Pejagan-Pemalang terbagi dalam 4 seksi, yakni seksi I sepanjang 14,2 kilometer menghubungkan Pejagan-Brebes Barat, seksi II sepanjang 6 kilometer menghubungkan Brebes Barat-Brebes Timur, seksi III sepanjang 10,4 kilometer menghubungkan Brebes Timur-Tegal Timur, seksi IV sepanjang 26,9 kilometer menghubungkan Tegal Timur-Pemalang.

Jalan tol Pejagan-Pemalang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur dan diharapkan dapat menjadi solusi mengurangi kepadatan kendaraan di jalur Pantai Utara Jawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.