Sukses

Ahok Akan Pindahkan Nelayan Pesisir ke Kepulauan Seribu

Menurut Ahok, pemindahan tersebut adalah solusi bagi nelayan pesisir Jakarta yang terdampak reklamasi.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang karib disapa Ahok berniat memindahkan nelayan di pesisir utara Jakarta ke Kepulauan Seribu.

Niat ini muncul menanggapi pernyataan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang menyarankannya untuk mencari solusi bagi para nelayan yang terkena proyek reklamasi.

Menurut Ahok, pemindahan tersebut adalah solusi bagi nelayan pesisir Jakarta yang terdampak reklamasi.

"Sekarang ada enggak yang ribut makan kerang hijau? Teluk Jakarta ini dari tahun 1980-an terkontaminasi logam berat," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

"Makanya kita mesti duduk bersama, kita mesti pindahin," sambung dia.

Selain itu, menurut Ahok, pemindahan nelayan ke Kepulauan Seribu dilakukan agar mendapat tangkapan yang lebih sehat dibandingkan laut pesisir Jakarta yang telah terkontaminasi.

"Kita mau siapin kampung nelayan supaya lebih bersih dan budidaya, karena dunia sudah mengarah bukan cuma tangkap, tapi ke arah ke budidaya," ujar Ahok.

Nantinya, lanjut Ahok, pemindahan nelayan ke Kepulauan Seribu beriringan dengan pembangunan rumah susun, kapal gratis untuk para nelayan.

Ahok yakin para nelayan akan menyetujui rencana pemindahan itu. Apalagi, nelayan akan mendapat keuntungan dari hasil penjualan budidaya laut tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.