Sukses

Saat Kapolri dan Menteri Terjebak Macet Akibat Penghapusan 3 in 1

Dampak penghapusan 3 In 1, mobil Menteri Susi Pudjiastuti, Ketua MK, Ketua MA, dan Kapolri harus berjuang menembus kemacetan.

Liputan6.com, Jakarta - Kemacetan di Jalan Gatot Subroto sebagai dampak uji coba penghapusan sistem 3 in 1 tak hanya dirasakan masyarakat. Para pejabat juga terpaksa berjibaku dengan macet karena uji coba ini.

Hal itu terlihat di Jalan Gatot Subroto tepatnya di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Sekitar pukul 07.53 WIB, terdengar bunyi sirene motor Patwal dari arah Kuningan menuju Semanggi.

Suara sirene yang berkali-kali dibunyikan membuat pengendara perlahan menepi. Sebagian lagi tak bergeser karena memang kondisi jalan sedang macet.

Setelah motor Patroli dan Pengawalan menembus kemacetan, muncullah mobil sedan hitam bernopol RI 9 di belakangnya. Menurut data, kendaraan RI 9 digunakan oleh Ketua Mahkamah Konstitusi yang kini dijabat Arif Hidayat.

Rangkaian kendaraan Ketua MK memang sempat beberapa kali tak bergerak. Setelah dibantu polisi lalu lintas, rombongan berhasil menembus kemacetan.

Sekitar 30 menit kemudian, suara sirene lain datang dari dalam kompleks SCBD. Patwal terpaksa menggunakan contra flow karena lajur lainnya sangat padat.

Kali ini, mobil bernopol RI 8 muncul dari dalam SCBD menuju Jalan Gatot Subroto. Patwal sempat kewalahan menahan laju kendaraan agar mobil Ketua Mahkamah Agung ini bisa melintas.

Petugas kepolisian pun dibuat kelimpungan saat rangkaian pengawalan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti akan melintasi Jalan Gatot Subroto melalui kawasan SCBD. Informasi di dapat melalui HT seorang polisi berpangkat Brigadir.

Mobil Kapolri ikut terjebak macet akibat dihapusnya 3 in 1 di Jakarta. (Liputan6.com/Ahmad Romadoni)

"Izin Pak Kapolri mengarah ke sini," kata polisi itu sambil terus memegang HT, Selasa (5/4/2016).

Seorang perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar yang berada di lokasi bingung. Sebab, informasi yang didapat, Kapolri akan menghadiri acara di Ritz Calton SCBD.

"Tapi ini sudah masuk underpass komandan," sahut polisi berpangkat Brigadir itu meyakinkan pimpinannya.

Akhirnya, petugas terpaksa menutup sementara arus kendaraan dari Kuningan menuju Semanggi. Beberapa menit kemudian, muncul patwal bermotor terlihat buru-buru menembus sela-sela mobil yang akan keluar dari SCBD.

Beberapa saat, barulah muncul sedan hitam bernopol 1-00 Polri keluar dari kawasan SCBD. Petugas kemudian membuka kembali jalur yang ditutup.

Tak sampai di situ, sebuah mobil VW hitam jenis van terus membunyikan sirenenya. Mobil itu dikawal dengan SUV hitam di belakangnya.

Awalnya, mobil yang melaju dari arah Kuningan itu tidak dikenali. Sampai akhirnya, terlihat di balik kaca mobil Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti duduk di kursi paling belakang.

Susi terlihat menengok ke arah tepian jalan sambil mengenakan kaca mata. Mobil Susi memang tidak dikenali karena tak menggunakan nopol RI 39, tapi menggunakan seri RFS di belakangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.