Sukses

Menteri Yasonna: Kelebihan Kapasitas Lapas Capai 300 Persen

Yasonna menjelaskan kenaikan penghuni lapas atau rutan per tahun pada 2015 rata-rata mencapai 1.112 orang per hari.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan lembaga pemasyarakatan saat ini sudah kelebihan kapasitas. Hal inilah yang jadi salah satu penyebab menjamurnya peredaran narkoba di lapas.

"Kondisi (lapas) kita sangat over kapasitas. Ada (lapas atau rutan) yang sampai 300 persen over kapasitasnya," kata Yasonna di Graha Pengayom, Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Yasonna menjelaskan kenaikan penghuni lapas atau rutan per tahun pada 2015 rata-rata mencapai 1.112 orang per hari. Angka itu meningkat pada Februari 2016 menjadi 1.135 per hari.


"Sejak saya menteri, isi rutan kami berjumlah 163 ribu. Awalnya masih 140 ribu. Artinya ada 20 ribu penambahan penghuni Lapas," tutur menteri asal PDIP itu.

Kementerian Hukum dan HAM, lanjut Yasonna, tidak bisa menolak para penghuni lapas atau rutan. Oleh karena itu, diperlukan penanganan khusus untuk mengatasi kelebihan kapasitas itu. Misalnya dengan melibatkan tokoh agama, guru dan masyarakat untuk meminimalisir pengguna narkoba.

"Kita harus kurangi demand dan size, say no to narkoba. Para pendeta, ustad, dan guru, harus ada gerakan nasional. Narkoba sudah masuk ke sekolah untuk buat market muda baru," tandas Yasonna.‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.