Sukses

Katulampa Siaga I, Warga Bantaran Ciliwung Diminta Bersiap Banjir

Diperkirakan sekitar 6–9 jam air akan sampai Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan yang mengguyur wilayah Bogor, Jawa Barat, membuat debit air di Bendung Katulampa meningkat. Bahkan peningkatan volume air itu berlangsung cepat.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) DKI Jakarta, peningkatan debit air di Bendung Katulampa tejadi sejak pukul 16.00 WIB. Kala itu posisi air masih berada dalam angka 80 cm atau siaga III.

Petugas Bendung Katulampa, Andi Sudirman menuturkan, ketinggian air meningkat menjadi siaga II pada pukul 16.40 WIB. Dan pada pukul 17.30 WIB, ketinggian air menjadi 250 cm atau berada dalam siaga I.

"Bendung Katulampa level siaga 1 atau level tertinggi dalam peringatan dini banjir Jakarta," kata petugas Bendung Katulampa, Andi Sudirman, Bogor, Jumat (1/4/2016).

Diperkirakan sekitar 6–9 jam air sebanyak 629.958 meter kubik per detik itu akan sampai Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Untuk itu sejumlah wilayah yang berada di bantaran sungai Ciliwung diminta waspada terhadap datangnya banjir tersebut.

"Tetap waspada, ini masih hujan. Semoga cepat berhenti dan debit berkurang," kata Andi.

Wilayah yang terdampak banjir tersebut adalah Srengseng Sawah, Pejaten Timur, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Balekambang, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Cililitan, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.