Sukses

Persib Vs Arema, 11 Ribu Personel Gabungan Siaga di GBK

Persib Bandung akan melawan Arema Cronus di Stadion GBK.

Liputan6.com, Jakarta - TNI-Polri dan Pemprov DKI Jakarta akan menurunkan 11.305 personel untuk mengamankan final Torabika Bhayangkara Cup 2016, yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Pusat pada Minggu, 3 April 2016. Dalam laga ini akan bertarung Persib Bandung melawan Arema Cronus.

Belasan ribu personel itu terdiri dari 7.623 anggota Polda Metro Jaya, 1.045 anggota Brimob, 1.107 anggota Kodam Jaya, dan 1.000 lebih petugas Damkar, Dinas Kesehatan, Satpol Pamong Praja, Pemprov DKI, Dishub, dan Palang Merah Indonesia (PMI).

"Persiapan Piala Bhayangkara, sebenarnya kita sudah dua kali kemarin. Yang pertama bersifat internal dan yang kedua berikut kita mengundang para suporter, korlapnya, dan manajer pemenang," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Kapolda menerangkan, ia telah menyamakan persepsi dengan para pengurus klub yang akan berlaga agar tak terjadi 'gesekan' yang mengarah pada tindak intimidatif seperti anarkisme, sweeping, dan tawuran antar supporter klub saat hari pertandingan.

Baca Juga

  • Jadwal Laga Final Torabika Bhayangkara Cup 2016
  • Ridwan Kamil Galau, Nonton Persib atau Dinas ke Luar Negeri
  • Lolos ke Final, Kiper Persib Main di Kandang Tottenham Hotspur

Di samping itu, ada koordinasi internal kepolisian yaitu para kapolda yang diwakili Kepala Biro Operasional Polda Bali, Sumatera Selatan, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

"Penyelanggaranya 4 yaitu Persib, Arema, Bali, dan Sriwijaya. Kita sudah samakan persepsi kita bahwa kita mengamankan kegiatan ini. Di samping kita juga panggil para kapolda-kapoldanya, jadi kapolda diwakili karo ops," jelas Moechgiyarto.

Para kapolda sepakat untuk mengawal kepergian para supporter dari titik kumpul di daerah masing-masing dan memonitor hingga mereka tiba di Ibu kota. Selanjutnya, pengawalan akan diserahkan ke Polda Metro Jaya.

"Sudah bersepakat, setiap suporter bergerak dari titik start sampai ke lokasi GBK, itu akan dikawal pulang-pergi dan akan kita amankan betul," pungkas dia.

Pertandingan final Torabika Bhayangkara Cup yang berlangsung pada 3 April 2016, akan mempertemukan Persib Bandung kontra Arema Cronus di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Bukan hanya laga final, perebutan tempat ketiga dan keempat antara Bali United kontra Sriwijaya FC juga bakal berlangsung di SUGBK pada hari yang sama. Bali United dikalahkan Persib di semifinal, sedangkan Sriwijaya disingkirkan Arema, juga di semifinal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini