Sukses

Harapan Keluarga WNI Disandera Abu Sayyaf

Menurut Aidil, keluarga kontak terakhir dengan Wendi pada Rabu minggu lalu.

Liputan6.com, Padang - Keluarga Wendi Rakhadian, anak buah kapal Brahma yang disandera kelompok Abu Sayyaf, berharap pemerintah mengambil langkah tegas membebaskan 10 WNI yang ditahan.

"Info dari perusahaan, kapten kapal mengatakan anak saya (Wendi Rakhadian) sehat-sehat saja," kata Aidil (55) pada Liputan6.com, Selasa 29 Maret 2016.

Menurut Aidil, keluarga kontak terakhir dengan Wendi pada Rabu minggu lalu. Saat itu, anak tertua dari 7 bersaudara tersebut, sedang berada di kapal hendak bertolak ke Filipina.

"Ini perjalanan keempat bagi Wendi ke perairan tersebut mengangkut batu bara dari Kalimantan," kata dia.

Sejauh ini, pihak keluarga belum menerima pemberitahuan resmi terkait upaya penyelamatan anaknya yang baru 7 bulan berlayar. Pihak keluarga baru mengetahui Wendi disandera milisi Abu Sayyaf pada Minggu kemarin, sehari setelah penyanderaan awak kapal Brahma.


"Keluarga sudah 3 kali terima telpon dari perusahaan, Minggu, Senin, Selasa. Tadi kami coba telepon lagi gak bisa," ujar Aidil.

Pihak keluarga terus berupaya menghubungi anaknya yang tengah disandera. Meski tidak pernah berhasil menghubungi anaknya, Aidil mengaku, keluarga berharap Wendi baik-baik saja.

Pihak penyandera meminta tebusan sekitar Rp 14 miliar untuk membebaskan 10 awak kapal. Penyanderaan Kapal Motor Brahma 12 diduga terjadi di perairan Laguyan, Tawi-tawi, Mindanao Selatan.

Data Indonesia Liason Officer TNI, 10 nama kru kapal yang disandera, yakni Peter Tonsen Barahama, Julian Philip, Alvian Elvis Peti, Mahmud, Surian Syah, Surianto, Wawan Saputra, Bayu Oktavianto, Reynaldi, dan Wendi Rakhadian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.