Sukses

Pria yang Mengaku Ayah Artis Ditemukan Petugas Saat Mengemis

Masyarakat sekitar ikut membantu petugas menaikkan pengemis bersangkutan dan memberitahu kalau pria itu adalah ayah dari Marshanda.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria yang diduga ayah dari artis Marshanda ditemukan petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Sudin Sosial Jakarta Selatan saat sedang mengemis di Jalan Bangka, Mampang, Jaksel.

Menurut Kasudin Sosial Jaksel Mursyidin, pria bernama Irwan Yusuf itu ditemukan anggotanya pada Jumat sore, 24 Maret lalu.

"Ketika mobil penjangkauan Sudin Sosial Jaksel sedang melewati kawasan Jalan Bangka, ada seorang pengemis berdiri di pinggir jalan. Kemudian petugas turun menjangkau sang pengemis," ujar Mursyidin menceritakan kronologi kejadian.

Pada saat bersamaan, masyarakat sekitar ikut membantu petugas menaikkan pengemis bersangkutan dan memberitahu kalau pria itu adalah ayah dari Marshanda.

"Mereka minta tolong ke petugas untuk dibawa saja ke panti karena di situ ngemis, katanya kasihan," jelas Mursyidin.

Ketika diinterogasi di dalam mobil, benar bahwa namanya Irwan Yusuf ayahanda penyanyi yang akrab disapa Chaca itu. Menurut pengakuan Irwan, dia menggelandang dan mengemis sudah tiga bulan.

Dia juga menjelaskan telah bercerai dari ibundanya Chaca 15 tahun yang lalu. Kemudian dia bekerja di bengkel di kawasan Bangka dengan gaji pas-pasan. Kemudian bengkelnya bangkrut dan dia tidak mendapat pesangon.

Ketika itu dia merasa terpuruk dan tidak bisa berpikir lagi untuk bekerja apa karena rasa lapar dan sulitnya mencari uang untuk membayar kontrakan. Maka jalan satu-satunya minta belas kasihan orang di jalan.

Menurut Irwan, kegiatan mengemis sudah dijalani selama tiga bulan. Ketika diinterogasi petugas, aroma tubuh pria ini sudah sangat menyengat karena tidak mandi dan bersih-bersih diri selama berpuluh-puluh hari.

Dia juga mengaku hingga kini masih berkomunikasi dengan Chaca.

Mursyidin sendiri mengatakan belum bisa memastikan kebenaran dari cerita Irwan. "Kita hanya baru dengar dari keterangan dan pengakuan Pak Irwan sendiri. Selain itu, lingkungan masyarakat sekitar di Jalan Bangka menganggap dia memang orangtua dari Marshanda," ujar Mursyidin saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (27/3/2016) malam.

Menurut Mursyidin, saat ini Irwan dititipkan di Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Cipayung, Jakarta Timur.

Sementara itu, hingga saat ini pihak keluarga belum bisa dimintai keterangan. Upaya yang dilakukan melalui sambungan telepon dan mengirim pesan singkat belum mendapatkan balasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.