Sukses

Sandiaga Uno: Dukungan Hanura untuk Ahok Bukti Partai Diperlukan

Sandiaga Uno menjelaskan, keberadaan partai politik masih dibutuhkan. Keberadaan itu paling terasa dalam bidang kontrol.

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah mendapat dukungan dari Partai Nasdem dan Partai Hanura untuk maju pada Pilgub DKI 2017. Meski mendapat dukungan partai, Ahok tetap memilih maju melalui jalur independen.

Langkah Ahok tersebut diapresiasi oleh bakal calon Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Meski demikian, ia juga memberikan sentilan terhadap Ahok, bahwa mantan Bupati Belitung Timur itu tidak bisa sendirian saja mengurus Ibu Kota.

"Saya ucapkan selamat pada Hanura yang beri dukungan (pada Ahok). Hal itu membuktikan partai diperlukan untuk kelola Jakarta," kata Sandiaga di Jakarta, Minggu (27/3/2016).

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini menjelaskan, keberadaan partai politik masih dibutuhkan. Keberadaan itu paling terasa dalam bidang kontrol. "Misalnya penyerapan anggaran, itu butuh check and balance," imbuh dia.

 

Deklarasi dukungan dari Hanura pada Ahok disampaikan Ketua DPD Hanura DKI Jakarta Muhammad Ongen Sangaji pada Sabtu 23 Maret kemarin. Dukungan itu diputuskan melalui hasil rapat pimpinan daerah yang dihadiri pula oleh Ketua Umum Hanura Wiranto. Hanura sendiri memiliki perwakilan 10 kursi di DPRD DKI Jakarta.

"Berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Daerah DPD Hanura Provinsi DKI Jakarta, dengan ini memutuskan memberikan dukungan kepada Bapak Basuki Tjahaja Purnama MM, sebagai calon Gubernur DKI Jakarta 2017-2022," ujar Ongen Sangadji di Kantor DPP Hanura, Jakarta Pusat, Sabtu kemarin.

Meski demikian, tidak semua kader Hanura setuju atas dukungan itu. Dua Ketua DPD Hanura pun memilih mengundurkan diri, yakni Wakil Ketua DPD Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (OKK) Partai Hanura Rahmat HS dan Wakil Ketua Bidang Pembinaan Legislatif dan Eksekutif Bustami Rahawarin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini