Sukses

Mengintip 'Dalang' di Balik Badut Animasi di Car Free Day

Meski kerap diusir oleh petugas keamanan car free day, ia hanya berpindah tempat lalu kembali merayu pengunjung untuk berfoto.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kegiatan yang dapat dijumpai di area hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Thamrin dan Sudirman, Jakarta. Mulai dari aksi kampanye hingga badut karakter animasi anak yang siap menemani pengunjung untuk berfoto ria.

Hal itu terlihat di sekitar Hotel Indonesi, Jakarta Pusat. Badut karakter kartun animasi tampak dengan senang hati melayani para pengunjung. Namun di balik topeng tersebut ada sosok yang berpeluh. Menahan terik matahari dan suhu dalam kostum yang luar biasa gerahnya. 

"Buat nambah jajan, mumpung libur," ujar seorang anak lelaki berusia 15 tahun kepada Liputan6.com di Bundarahan HI, Minggu (27/3/2016).

Anak yang enggan menyebutkan namanya itu tampak memakai kostum tokoh kartun Hello Kitty. Meski kerap diusir petugas keamanan car free day, ia dan kawan-kawan hanya berpindah tempat lalu kembali berdiri merayu pengunjung untuk berfoto.

Dengan melambaikan tangannya, mereka berharap para pengunjung berfoto dan memberikan uang seikhlasnya ke wadah di depan mereka.

"Kan kalau di Fatahillah enggak boleh, jadi kami ke sini. Banyak anak-anak tanggung juga yang ikut," ujar seorang ibu yang juga memakai kostum kartun Marsha.

Pantauan Liputan6.com, setidaknya ada belasan orang yang memakai kostum berbagai tokoh kartun yang mengais rezeki di keramaian car free day.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.