Sukses

Car Free Day Sepi, Bus Transjakarta Bebas Melenggang

Car Free Day hari ini tampak sepi sehingga memudahkan bus transjakarta mudah melewati ruas jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) yang berlangsung di sepanjang Jalan Thamrin dan Sudirman, Jakarta, hari ini tak seperti biasanya. Kondisi itu tampak sepi dari masyarakat sehingga memudahkan bus transjakarta mudah melenggang melewati ruas jalan.

"Ini mah sepi Mas, biasanya susah lewat (bus transjakarta). ," ujar petugas transjakarta, Yusup (36) yang mengamankan jalur saat CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (27/3/2016).

Yusup menuturkan, kondisi ini lantaran masyarakat sedang menikmati liburan panjang di luar kota. Namun pada CFD minggu-minggu biasa, ribuan orang tumpah ruah di jalur CFD sehingga bus-bus transjakarta kesulitan menembus kerumunan warga.

"Mungkin pada liburan keluar kota. Minggu-minggu biasanya susah buat jalan, sekarang lancar," lanjut Yusup. 

Yusup tak sendiri, menurutnya, ada 50 petugas lainnya yang tersebar di beberapa titik. Mereka mulai menyebar dari kawasan Patung Kuda, hingga Bendungan Hilir.

"Tiap koridornya dapat jatah 5 orang, tiap kawasan ada Koordinatornya Mas," terang Romi (28) Koordinator untuk kawasan Bundaran HI.

Mereka sudah disiagakan sejak pukul 05.00 WIB, hingga pukul 12.00 siang nanti. Tanpa jeda, mereka akan terus memastikan agar setiap bus yang lewat tak menabrak warga yang menikmati car free day.

"Ada juga sih pengemudi bus yang ugal-ugalan, mungkin karena kesal. Tapi, untuk hari ini enggak ada," jelas Romi.

Untuk istirahat, mereka ganti-gantian secara alamiah saja. Sebab, sesuai arahan atasannya, Romi dan kawan-kawan tak boleh istirahat.

"Ya, saling mengerti aja, kalau ada yang mau sarapan, ke toilet, ya ganti-gantian," terang Romi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini