Sukses

Aktivis Korsel Jatuhkan Selebaran Propaganda ke Wilayah Korut

Selebaran menyerukan agar diktator Kim Jong-un turun dari kekuasaan dan menghentikan ancaman perang nuklir terhadap negara Barat.

Liputan6.com, Seoul - Para aktivis Korea Selatan menjatuhkan puluhan ribu selebaran propaganda di kota perbatasan Korea Utara untuk memperingati genapnya enam tahun penenggelaman sebuah kapal Korea Selatan di mana 46 orang tentara laut tewas.

Seperti dilansir VOANews, kira-kira 50 ribu selebaran jatuh ke Kota Paju, Sabtu (26/3/2016), yang dibawa balon gas. Selebaran itu memuat tulisan yang mengutuk tradisi kekuasaan mutlak Korea Utara yang terpusat pada satu keluarga.

Selebaran itu menyerukan agar diktator Kim Jong-un turun dari kekuasaan dan menghentikan ancaman perang nuklir terhadap negara Barat.

 

Korea Utara membalasnya dengan menjatuhkan selebaran ke Korea Selatan hari Sabtu juga, yang mengecam pemerintah demokratis Korea Selatan dan Presiden Park Geun-hye.

Hari ini genap enam tahun lalu, kapal perang Cheonan milik Korea Selatan ditenggelamkan, yang menurut tuduhan Seoul akibat dihantam torpedo dari kapal selam Korea Utara.

Seoul menyalahkan Pyongyang atas penenggelaman itu dan sebagai balasannya hubungan perdagangan dan investasi dihentikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.