Sukses

Libur Panjang Tol Tangerang-Merak Macet, Ini Jalur Alternatif

Jalur yang sudah disiapkan untuk mengatasi kepadatan lalu lintas saat libur panjang, di antaranya arah menuju Serang dan Lebak.

Liputan6.com, Tangerang - Kemacetan lalu lintas saat libur panjang masih terjadi di ruas Jalan Tol Tangerang-Merak. Untuk mengurai kemacetan, Satuan Lalu Lintas Polresta Tangerang, Banten, menyiapkan jalur alternatif untuk dilalui para pengendara.

"Kami mengimbau para pengguna jalan dapat mengikuti beberapa rute alternatif yang sudah kami persiapkan dengan pengamanan," ucap Kasat Lantas Polresta Kabupaten Tangerang, Kompol Eko Bagus Riyadi di Tangerang, Sabtu (26/3/2016).

Ia menjelaskan, jalur yang sudah disiapkan untuk mengatasi kepadatan lalu lintas saat libur panjang dan akhir pekan, di antaranya jalur menuju arah Serang dan Lebak.

"Jika terjadi kepadatan di dalam tol, pengendara dapat keluar di pintu Tol Balaraja Barat. Yang ke Serang langsung dapat melalui Jalan Raya Serang arah Cikande, lalu tembus ke Serang Timur," beber Eko.

Eko melanjutkan, para pengendara yang menuju arah Lebak via Jalan Raya Serang, dapat belok kiri melalui Jalan Raya Cisoka Adiyasa. Selanjutnya, para pengendara belok kanan arah Jalan Raya Maja. Mereka dapat pula ke arah perempatan Cikande belok kiri lanjut arah Rangkas Bitung hingga Lebak.

"Ada tiga rute arah Jakarta via Parung Panjang Tenjo Bogor dan Jor Rawabuntu. Pertama, keluar pada Gate Tol Balaraja Timur dan atau Gate Cikupa Kedaton arah Tigaraksa," kata Eko.

Selanjutnya, menurut Eko, para pengendara dapat melewati Jalan Raya Serang ke pertigaan Cibadak belok kanan arah Kutruk, lalu kanan di perempatan Solong lanjut arah Tenjo lintas Bogor, baru ke Jakarta. Kedua, keluar pintu Tol Bitung tembus ke Jalan Raya Serang pertigaan Curug kiri, lanjut arah Parung Panjang hingga Bogor.

Dari pintu Tol Karawaci, lanjut arah Jalan Raya Legok, lanjut Parung Panjang Bogor hingga Jakarta. Ketiga, imbuh Eko, para pengendara dapat keluar di pintu Tol Kebon Nanas lanjut arah Jalan Raya BSD Serpong hingga Tol Rawa Buntu wilayah Tangerang Selatan.

"(Untuk mengurai kemacetan saat libur panjang) Kami sudah berkoordinasi dengan jajaran Polsek Balaraja dan Polsek Cikupa juga jajaran Turangga (PJR Korlantas Bitung) akan dilakukan patroli mobil bersama di dalam jalur Tol (Tangerang-Merak) dan rest area," tutup Kompol Eko Bagus Riyadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini