Sukses

Libur Panjang, Tiket Kereta Api Tujuan Jawa Ludes

Nur membeli tiket kereta sejak jauh-jauh hari untuk liburan ke kampung halaman.

Liputan6.com, Jakarta - Penumpang kereta api tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur melonjak pada libur akhir pekan kali ini yang beriringan dengan libur peringatan wafatnya Isa Al Masih.

"Sejumlah KA tujuan Jawa, baik itu Barat, Tengah, dan Timur sebagian besar sudah habis terjual," ujar Senior Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daop 1 Jakarta Bambang S Prayitno, kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Ia menuturkan, kereta api Argo Jati, Cirebon Ekspress, dan Argo Parahyangan yang berangkat dari Stasiun Gambir pada hari ini tiketnya sudah habis terjual. Sedangkan kereta api Menoreh yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen masih tersisa 30 persen.

"Ketersediaan kursi di kereta api-kereta api tersebut sekitar 30 persen dari total tempat duduk yang dijual," ucap dia.


Sedangkan untuk kereta api yang berangkat pada Jumat 25 Maret 2016 dari Stasiun Gambir, masih ada sejumlah tiket yang tersedia. Di antaranya Argo Sindoro, Argo Jati, Cirebon Ekspress, Argo Anggrek Malam, Sembrani, Bangunkarta, Purwojaya, Tegal Bahari, serta Argo Parahyangan.

"Jumlah ketersediaan tempat duduk kereta api keberangkatan dari Stasiun Gambir tersebut masih di atas 50 persen dari total yang tersedia," ungkap dia.

Sementara, keberangkatan kereta dari Pasar Senen yang berangkat besok, juga masih tersedia. Di antaranya KA Majapahit, KA Menoreh, serta KA Gumarang.

"Sedangkan untuk KA keberangkatan tanggal 26 dan 27 Maret, hanya KA Matarmaja, Gaya Baru Malam, Brantas, Kertajaya, Bengawan, Progo, dan Tawang Jaya yang sudah habis terjual. Sisanya masih tersedia," terang Bambang.

Bambang memastikan tidak ada penumpukan penumpang di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Apalagi untuk mengantre tiket. Sebab, saat ini para pemudik lebih memilih membeli tiket secara online.

"Calon penumpang yang datang ke stasiun hanya untuk menunggu keberangkatan jadwal kereta. Untuk pembelian tiket, mereka sudah beli lewat online," tambah dia.

Pantauan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, terlihat penumpang mulai berdatangan. Mereka menunggu jadwal kereta yang akan berangkat ke tujuan masing-masing.

"Saya mau ke Purwokerto. Pulang aja pas liburan. Di sini (Jakarta) kontrak," ucap salah seorang penumpang, Nur, saat ditemui di Pasar Senen.

Ia mengaku sudah membeli tiket sejak jauh-jauh hari. Sebab, pembelian tiket lewat online lebih mudah daripada mengantre di stasiun.

"Jadi enggak usah ngantre-ngantre lagi, tinggal nunggu jadwal kereta aja," ucap Nur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini