Sukses

Gerhana Bulan Penumbra Terjadi di Seluruh Indonesia 2 Hari Lagi

Gerhana bulan penumbra pada Rabu malam bisa disaksikan di seluruh Indonesia tepat dua minggu setelah gerhana matahari total.

Liputan6.com, Surabaya - Kurang 2 hari lagi, Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi di Indonesia. Tepat pada Rabu 23 Maret 2016, mulai pukul 16.36 WIB, fenomena alam ini akan terlihat di seluruh daerah di Indonesia.

"Gerhana bulan penumbra pada Rabu malam bisa disaksikan di seluruh Indonesia tepat 2 minggu setelah gerhana matahari total," kata Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Taufik Hermawan, Senin (21/3/2016).
    
Taufik menambahkan, Gerhana bulan Penumbra terjadi saat bulan terbit di ufuk timur dan terjadi mulai pukul 16.36 WIB, kemudian mencapai puncaknya pukul 18.47 WIB, dan berakhir pukul 20.57 WIB.

"Masyarakat bisa menyaksikan gerhana bulan penumbra jika diamati secara detail dan cuaca benar-benar cerah," imbuh Taufik.

Taufik juga menjelaskan, bahwa gerhana bulan penumbra terjadi karena karena terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semua sampai ke bulan.
    
"Pada tahun ini, terjadi 3 kali gerhana bulan penumbra yaitu pada 23 Maret, 18 Agustus, serta 17 September," kata Taufik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini