Sukses

Polisi: Jessica Pernah Mencoba Bunuh Diri di Australia

Menurut Tito Karnavian, ada 14 kasus catatan kriminal dan medis Jessica Wongso di Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menemukan sejumlah catatan kriminal milik Jessica Kumala Wongso di Australia. Di antaranya dugaan percobaan bunuh diri.

‎"Saya kira dapat informasi yang sangat bagus dari Australia, tapi sengaja belum diekspos. Ada catatan kriminal, di antaranya percobaan bunuh diri," kata mantan Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian, usai serah terima jabatan di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (‎21/3/2016).

Namun, Tito enggan mengungkapkan lebih jauh terkait temuan penyidik soal pembunuhan Wayan Mirna Salihin. Menurut dia, ada beberapa fakta yang sengaja tidak diungkap ke publik. Sebab adanya kerja sama mutual legal agreement (MLA) dengan kepolisian Australia terkait penyidik kasus tersebut.

"Tapi sengaja belum diekspos. Setiap statement yang dikeluarkan Polri harus ada kesepakatan," ucap Tito.


Mantan Kepala Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri itu mengungkapkan, pada 26 Maret 2016, tim penyidik akan kembali ke Australia guna mengambil dokumen kriminal yang diduga milik Jessica.

"Termasuk juga kurang lebih 14 kasus, kedua ada catatan medis yang bersangkutan karena yang bersangkutan sebetulnya dalam treatment psikolog," dia menjelaskan.

Ia pun mempersilakan Kapolda Metro Jaya yang baru, Irjen Moechgiyarto untuk mengekspos temuan-temuan tersebut ke publik. Tentunya, tegas dia, juga disertai kesepakatan bersama dengan kepolisian Australia.

"Nanti saya pikir harus ada kesepakatan Bapak Kapolda yang baru dengan kepolisian Australia, mana aja yang boleh ekspos dan mana yang tidak boleh," terang Tito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.