Sukses

Tito Ingin Teroris Ditahan di Sel Khusus Tanpa Alat Komunikasi

Kepala BNPT Tito Karnavian menjelaskan, yang dimaksud penjagaan maksimal adalah menutup ruang gerak teroris, terutama soal komunikasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Nasional Pemberantasan Teroris (BNPT) Irjen Tito Karnavian mengatakan, sel-sel tempat menahan teroris masih belum efektif, karena mereka masih bisa melakukan perencanaan aksi teror di tempat penahanan.

Tito pun mengemukakan wacana agar teroris ditempatkan dalam sel khusus dengan penjagaan maksimal.

"Harus ada sistem, entah dengan dibuat tempat penjara tersendiri atau seperti apa, yang jelas ada maximum security (penjagaan maksimal)," kata Tito di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (17/3/2016).


Tito menjelaskan, yang dimaksud penjagaan maksimal adalah menutup ruang gerak teroris, terutama soal komunikasinya. Mereka tidak boleh berhubungan dengan dunia luar.

"Maximum security itu mereka tidak boleh dan diawasi keras supaya tidak menggunakan handphone, internet, atau alat komunikasi lain," ujar mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Tito juga menginginkan ada perbedaan sel untuk menampung teroris. Sel itu dibagi menjadi 3 jenis, sel khusus kelompok inti, sel khusus kelompok pendukung, dan sel khusus simpatisan. Tiap jenis sel memiliki penanganan yang berbeda.

"(Khusus sel kelompok inti) Kalau tidak bisa dimodernisasi, mereka harus dibatasi komunikasinya," pungkas Tito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.