Sukses

Tandingi TemanAhok, Kini Muncul Sahabat Djarot dan Suka Lulung

Media sosial saat ini menjadi alternatif kampanye para simpatisan bakal calon kepala daerah DKI Jakarta dalam merebut simpati rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - TemanAhok kini mulai mendapat saingan dalam merebut simpati rakyat Jakarta jelang Pilkada DKI 2017. Beberapa pekan terakhir, para pendukung tokoh Jakarta satu per satu bergerilya di jejaring sosial.

Meski PDIP belum mengetuk palu siapa yang akan mereka usung di pilkada nanti, namun gaung Djarot untuk maju di bursa Jakarta 1 mulai muncul. Teranyar adalah #SahabatDjarot yang digaungkan putra aktor gaek Eros Djarot pada 15 Maret 2016, dalam akun twitternya @banyubiru_

"Nama sama, kumis sama. Tapi yg ini bukan bokap gue. Hehe. A very humble guy. We likey. Pagi semua #SahabatDjarot," tulis Banyu dalam akunnya tersebut.

Di bawah tulisan itu, dia mengunggah gambar kartun seorang pria mirip Djarot. Lengkap dengan kumis, kacamata, serta rambut belah pinggir.

Komunitas Banteng Muda yang dimotori Banyu Biru Djarot mulai menyuarakan dukungan untuk Djarot Saiful Hidayat (@banyubiru_)

Di samping gambar kartun tersebut terdapat tulisan "Djarot For Djakarta". Sementara di pojok kanan bawah terdapat lambang kepala banteng bertuliskan Komunitas Banteng Muda.

16 Maret kemarin, Banyu kembali mengunggah foto dukungan untuk Djarot maju dalam bursa Pilkada DKI dengan tagar #SahabatDjarot #KBM #bbd.

Di bawah tagar tampak foto berlatar putih itu Djarot tengah tersenyum dengan menggunakan kemeja putih. "Dari Blitar ke Djakarta. Harus pintar-pintar biar enggak gelap mata. Djarot ke Jakarta udah Pasti untuk Kerja Nyata." tertanda #SahabatDjarot.

Lulung Bergerilya

Selain dukungan untuk Djarot, muncul akun dukungan terhadap Abraham 'Lulung' Lunggana di media sosial Path bertajuk 'Suka Haji Lulung'.

Akun tersebut berisi foto-foto kegiatan Lulung baik formal maupun informal, seperti kegiatan saat Lulung membantu masyarakat membawa keranda jenazah. Tampak dia menggunakan peci hitam dengan baju koko, berdiri di depan tandu.

"Ini bukan pencitraan tidak ada satu media yang meliput semua atas dasar ke ikhlasan," tulis akun Suka Haji Lulung.

Komunitas Banteng Muda yang dimotori Banyu Biru Djarot mulai menyuarakan dukungan untuk Djarot Saiful Hidayat (@banyubiru_)

Rajin memposting berbagai kegiatan Lulung yang tengah bergerilya mendekati warga DKI Jakarta, sebenarnya tim kampanye 'Suka Haji Lulung' ini baru akan dideklarasikan pada 30 Maret 2016 mendatang.

Sekali memposting, puluhan orang memberikan gambar 'hati' dalam foto itu. Banyak juga komentar para follower-nya.

Misalnya saja, Lulung yang memposting foto di sebuah pasar dan dikerubungi ibu-ibu. Dalam foto itu, terdapat tulisan 'Haji Lulung dekat di hati'. Postingan itu lalu mendapat berbagai respon, seperti akun bernama Liswandi yang berkomentar 'Ciee dikerubungi wanita'.

Ada pula yang berkomentar 'Meski aku ga pernah foto bareng sama Haji Lulung, tapi Haji Lulung tetap dekat di hati aku' begitu tulis akun bernama Ongky Raharja. Kemudian akun bernama Edwin memuji Lulung dengan mengatakan, dia adalah Haji paling ganteng se-DKI.

Selain memposting foto blusukannya, Lulung juga memamerkan gambar ketika dia diwawancarai sejumlah media, berbagai diskusi, dan berita yang memuat tentang dirinya.

Lulung juga memanfaatkan akun Path-nya itu untuk menunjukkan bahwa dia adalah anak seorang Pejuang 1945 yang bernama Peltu Tubagus Abdurrahim. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu berfoto di makan ayahnya di Taman Makan Pahlawan.

Di bawah foto dia menuliskan, "Haji Lulung anak seorang pejuang 45 bernama Peltu Tubagus Abdurrahim dan dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata. Di jiwa Haji lulung selalu tertanam jiwa nasionalisme dan patriotisme".

Lulung juga pamer foto masa lalunya ketika mengikuti latihan militer pada tahun 1984.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.